REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Komisi Eropa meminta perusahaan internet seperti Google dan Amazon menjelaskan lebih transparan bagaimana mereka menyusun peringkat sebuah produk di mesin pencari mereka. Hal ini disampaikan dalam panduan Uni Eropa yang dirilis Senin (7/12).
Panduan tersebut bertujuan membantu pengusaha daring dengan menciptakan persaingan usaha yang lebih adil untuk semua produk penting di mesin pencari. Eropa ingin perusahaan internet berbagi informasi yang mereka miliki ke pengusaha untuk meningkatkan nilai jual di platform tempat mereka menjual jasa atau barang mereka.
"Panduan ini menetapkan standar untuk pencarian algoritma yang transparan dan akan meningkatkan keadilan ekonomi di platform daring, yang mendorong inovasi dan kesejahteraan jutaan orang Eropa," kata wakil presiden eksekutif Uni Eropa yang bertanggung jawab pada urusan digital, Margrethe Vestager.
Panduan Uni Eropa itu juga mengatakan, perusahaan internet juga harus mengungkapkan faktor utama algoritma yang mereka gunakan untuk menentukan peringkat di mesin pencari. Termasuk dampaknya pada pembayaran.
Panduan ini diumumkan satu pekan sebelum Uni Eropa merilis regulasi digital. Sebuah langkah yang diambil untuk menahan kekuatan perusahaan-perusahaan teknologi raksasa.