Sabtu 19 Dec 2020 03:53 WIB

Dubes Desra Ajak Pelajar Dukung Kemajuan Iptek Nasional

Anggota PPI tergabung dalam tim dokter Satgas Covid-19 KBRI London.

Dubes Desra Ajak Pelajar Dukung Kemajuan Iptek Nasional (ilustrasi).
Foto: Kementerian Luar Negeri RI
Dubes Desra Ajak Pelajar Dukung Kemajuan Iptek Nasional (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON -- Duta Besar Indonesia di London, Desra Percaya, mengajak mahasiswa dan pelajar Indonesia yang ada di Inggris dan Irlandia mendukung kemajuan Iptek nasional.

Ajakan itu disampaikan Dubes Desra dalam pertemuan dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Inggris dan Irlandia, Kamis (17/12).

Sepuluh hari sejak kedatangannya di London, Desra Percaya bertemu dengan ketua dan anggota PPI pusat maupun cabang di seluruh Inggris dan Irlandia secara virtual.

Pada pertemuan yang dihadiri sekitar 70 mahasiswa, Desra mendengarkan aspirasi dari mahasiswa yang antusias mendukung pelaksanaan multi-track diplomacy serta upaya penguatan ilmu pengetahuan tanah air.

Desra juga mengapresiasi bakti nyata PPI yang terjun langsung membantu WNI terdampak pandemi di Inggris dan Irlandia.

Selama masa pandemi, anggota PPI tergabung dalam tim dokter Satgas Covid-19 KBRI London, berkontribusi memberikan konsultasi serta, memfasilitasi warga Indonesia terdampak layanan kesehatan, serta melakukan edukasi tentang perkembangan kebijakan terkait COVID-19.

Ketua PPI Inggris, Gatot Subroto, mengharapkan KBRI London dapat mendukung upaya PPI Inggris membangun jejaring antarilmuwan untuk memajukan Indonesia melalui Indonesian Scholars International Conference tahun 2021.

Sementara itu Ketua PPI Irlandia, Findley Maringka mengatakan meski baru berusia 5 tahun, PPI Irlandia menjadi rumah kedua bagi mahasiswa Indonesia tersebar di Irlandia.

PPI Inggris terdiri dari 34 PPI cabang dibagi ke 8 wilayah, sementara itu, PPI Irlandia membawahi 4 wilayah.

Sebagai wadah untuk merangkul sejumlah 2.000 mahasiswa Indonesia di Inggris dan Irlandia, PPI mengedepankan semangat “no one left behind".

Tidak lupa, para mahasiswa dan Desra berbagi akun media sosial masing-masing untuk saling follow, like, dan mempererat komunikasi.

“Saya terkesan dan bangga dapat berinteraksi dengan teman-teman. Saya berani bilang bahwa teman-teman adalah pemimpin masa depan Indonesia, and you own the future,” ujarnya.

Dia juga mengundang masukan, saran, serta kritik dari mahasiswa untuk peningkatan pelayanan KBRI London.

Desra Percaya pernah mengenyam pendidikan di University of Birmingham dan Durham University lebih dari dua puluh tahun lalu.

“Saya berempati dengan teman-teman PPI, masa-masa perkuliahan saya dahulu sangat sulit, saya sampai nyambi sebagai petugas kebersihan di sebuah pasar swalayan, jangan putus harapan, karena masa sulit akan menjadi memori yang indah pada waktunya,” ujar Desra.

“Stay strong, because Indonesia needs you all, semoga tahun 2021 menjadi tahun yang lebih baik bagi kita semua,” tutupnya.

Pertemuan diakhiri sesi berbalas pantun dari PPI Inggris dan PPI Irlandia: “Muda mudi bertatap mesra, Komat kamit cemburu yang lihat, Selamat datang Bapak Desra,Walaupun ada Covid, semoga Bapak tetap sehat.” “Cakep!” sorak seluruh hadirin.

sumber : ANTARA
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement