Jumat 04 Jun 2021 13:13 WIB

Dubes RI Serahkan Surat Kepercayaan kepada Ratu Elizabeth

Desra Percaya mulai 3 Juni 2021 secara formal memulai tugas sebagai dubes di Inggris

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Duta Besar Desra Percaya mulai 3 Juni 2021 secara formal memulai tugas sebagai dubes di Inggris. Ilustrasi.
Foto: Republika
Duta Besar Desra Percaya mulai 3 Juni 2021 secara formal memulai tugas sebagai dubes di Inggris. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Duta Besar Desra Percaya telah menyerahkan surat-surat kepercayaan sebagai Duta Besar RI untuk Inggris Raya kepada Ratu Elizabeth II. Penyerahan dilakukan di Istana Buckingham di London, Inggris, pada Kamis (3/6).

Dalam kesempatan tersebut, Desra menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo kepada Ratu Elizabeth II, menurut keterangan KBRI London yang diterima di Jakarta pada Jumat. Dubes RI juga menyampaikan harapan untuk kesehatan dan kesejahteraan keluarga kerajaan dan rakyat Inggris Raya.

Baca Juga

"Inggris Raya merupakan mitra yang penting bagi Indonesia. Hubungan bilateral yang baik telah terjalin selama lebih dari tujuh dekade dan telah dikembangkan mekanisme bilateral komprehensif untuk berbagai bidang kerja sama yang luas. Kedua negara juga bermitra untuk sama-sama menangani pandemi Covid-19," kata Desra saat berdialog dengan Ratu Elizabeth II.

Sesuai dengan protokol kesehatan selama pandemi, Ratu Elizabeth bergabung secara virtual dari Windsor Castle. Ratu menyampaikan salam hangat kembali untuk Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia.

"Ratu sangat tertarik dengan kerja sama bilateral RI-Inggris Raya. Untuk itu, Ratu sampaikan harapan mengenai peningkatan kerja sama bilateral kedua negara di berbagai bidang dan kesejahteraan serta kemitraan yang erat untuk menghadapi pandemi," ujar Desra.

Dengan penyerahan surat-surat kepercayaan tersebut, Desra Percaya mulai Kamis 3 Juni 2021 telah secara formal memulai tugasnya sebagai Duta Besar RI untuk Inggris Raya. Penyerahan surat kepercayaan itu diawali dengan perjalanan Dubes Desra dan istri, Sari Percaya, menggunakan kereta kuda dari kantor KBRI London ke Istana Buckingham pada pukul 12.05 waktu setempat.

Marsekal Korps Diplomatik Inggris, Alistair Harrison, mendampingi Dubes RI selama pelaksanaan kegiatan resmi tersebut. Prosesi penyerahan surat kepercayaan oleh Dubes RI di Istana Buckingham dimulai pada pukul 12.20 waktu setempat dan berlangsung sekitar 30 menit.

Inggris merupakan mitra strategis Indonesia, investor kedua terbesar dan mitra dagang kelima dari kawasan Eropa. Pada April 2021, Menlu Inggris Dominic Raab berkunjung ke Jakarta untuk memperkuat persahabatan dan kemitraan yang sejajar antara kedua negara di berbagai bidang kerja sama.

Kerja sama di bidang ekonomi, perdagangan, dan investasi kedua negara juga menunjukkan upaya peningkatan. Perkembangan itu tercermin dari pelaksanaan Indonesia Investment Forum 2021 pada 27-28 Mei 2021. Menurut KBRI London agenda itu mendapat sambutan baik dari para pelaku usaha kedua negara. Di bidang sosial-budaya, hubungan baik Indonesia-Inggris ditandai dengan peningkatan kerja sama riset, inovasi, dan hubungan antar kedua masyarakat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement