Ahad 20 Dec 2020 13:32 WIB

Benarkah Hizbullah Mulai Kehilangan Dukungan Syiah Lebanon?

Hizbullah dinilai mulai kehilangan dukungan Syiah Lebanon

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Hizbullah, sayap militer yang berhasil mengusir Israel dari Lebanon pada 2006, Hizbullah dinilai mulai kehilangan dukungan Syiah Lebanon
Foto:

Hanin juga menjelaskan bahwa seruan atau retorika tentang perlawanan yang dikumandangkan Hizbullah sudah kehilangan daya tariknya. Menurut Hanin Hizbullah telah mengambil peran regional yang meningkat di bawah pendukung Irannya. 

Dimulai di Suriah, kelompok itu sekarang terlibat dengan pasukan pro-Iran di Irak dan Yaman. Perluasan ini telah menyebabkan tanggapan militer Israel yang cukup  sering, dengan serangan udara dan pembunuhan yang ditargetkan menyebabkan kerugian besar bagi Hizbullah dan Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran di Irak, Suriah, dan Lebanon. Terlepas dari retorika perlawanannya, Hizbullah belum membalas serangan Israel apa pun di pangkalannya.

"Sebaliknya, baik Hizbullah dan Iran sekarang memprioritaskan hegemoni regional daripada perlawanan terhadap Israel. Mereka enggan mengorbankan investasi signifikan yang telah mereka buat dalam sarana infrastruktur regional mereka dalam konflik dengan Israel, yang dapat menyebabkan kerugian besar dalam persenjataan dan infrastruktur mereka yang akan mereka perjuangkan untuk segera diganti," kata Hanin.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa militer Hizbullah telah kehilangan disiplin dan memiliki kelemahan dalam persenjataannya. Hanin mengatakan untuk mempertahankan keterlibatannya di Suriah, Hizbullah perlu merekrut puluhan ribu pejuang baru akibat kurang disiplin pejuang kelompok sebelumnya. Hanin mengatakan Hizbullah sekarang memiliki kekuatan tempur yang telah disusupi  elemen-elemen pengganggu yang dapat dengan mudah lepas kendali. .

Sementara tentang persenjataan, kata Hanin, meskipun Hizbullah sudah mulai mengembangkan jaringan rudal presisi, kini lebih banyak terkena serangan Israel dan tekanan internasional, karena mereka merupakan bahaya serius bagi infrastruktur Israel, dan pada saat yang sama membahayakan sekutu regional Amerika Serikat.

photo
Hizbullah - ilustrasi - ()

Hanin juga menjelaskan bahwa Hizbullah sedang mengalami krisis keuangan yang belum pernah terjadi sebelumnya karena sanksi Amerika terhadap Iran. "Krisis ini mempengaruhi kemampuan Hizbullah untuk membangun sosial dan militernya. Sebagian besar layanan sosial mereka  seperti sistem kesehatan dan kesejahteraan, tidak lagi melayani seluruh komunitas Syiah. Sebaliknya, mereka hanya ditawarkan kepada lingkaran dekat personel militer dan pejabat tinggi. Bahkan kontraktor yang disewa untuk berperang di Suriah tidak semuanya dapat mengakses sistem kesejahteraan Hizbullah," jelasnya.

Hanin menjelaskan Hizbullah baru-baru ini menciptakan sistem baru untuk mencegah dampak krisis ini, yang sekarang diperburuk oleh kemerosotan ekonomi Lebanon.

Namun membanjiri toko dan pusat mereka dengan barang-barang Suriah dan Iran, dan memindahkan mata uang keras ke dalam lingkaran kecil Syiah yang setia, hanya akan meningkatkan ketegangan. Krisis keuangan memperburuk perpecahan dalam Syiah Lebanon, pertama antara militer Hizbullah dan pegawai sipil, dan kedua antara anggota Hizbullah dan komunitas Syiah yang lebih luas.

Sementara sebagian besar Syiah kehilangan pekerjaan atau menerima sebagian kecil dari gaji mereka, di lain sisi personel penting Hizbullah masih menerima gaji mereka dalam dolar AS hak istimewa yang langka di Lebanon saat ini.

"Karenanya, rasa ketidaksetaraan memperburuk ketidakpuasan di antara komunitas Syiah yang lebih luas, banyak dari mereka merasa dikesampingkan. Yang paling penting, banyak komunitas Syiah merasa bahwa mereka mengalami penderitaan dan perjuangan yang sama seperti warga Lebanon lainnya, yang menyerukan kelas politik korup yang mencakup Hizbullah," katanya. 

Menurut Hanin, Syiah tidak kebal terhadap kehancuran elite politik negara, dan Hizbullah tidak akan melindungi mereka dari kehancuran. Ini adalah perasaan yang akan tumbuh, dan bisa menimbulkan lebih banyak ketegangan di dalam komunitas. 

 

Sumber:  https://english.alarabiya.net/en/views/news/middle-east/2020/12/19/Lebanon-crisis-Why-Hezbollah-is-losing-the-support-of-Lebanon-s-Shia-community 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement