Kamis 24 Dec 2020 19:49 WIB

Diplomat Uni Eropa: Kesepakatan Brexit Telah Tercapai

Diplomat Uni Eropa mengatakan kesepakatan Brexit telah tercapai

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle
Peter Dejong/AP Photo/picture alliance
Peter Dejong/AP Photo/picture alliance

Pada Rabu (23/12), dua diplomat Uni Eropa (UE) mengatakan kepada DW bahwa negosiator Brexit dari UE dan Inggris telah mencapai kesepakatan perdagangan bebas setelah sembilan bulan melalui negosiasi alot.

Hal ini diketahui dari para staf senior Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen yang mengatakan pada hari sebelumnya bahwa kedua belah pihak "berada dalam tahap akhir."

"Kesepakatan akan tercapai," kata salah seorang diplomat yang tahu pembicaraan itu.

Kepala negosiator UE, Michel Barnier, mengatakan kepada anggota parlemen pada hari Selasa (22/12) bahwa Malam Natal adalah tenggat waktu terakhir untuk menyegel kesepakatan dan menghindari kemungkinan Brexit Tanpa Kesepakatan jangka pendek.

Para duta besar telah diperintahkan untuk hadir dalam satu pertemuan terakhir pada hari ini, Kamis (24/12). Tetapi para diplomat dari 27 negara anggota UE mendesak agar berhati-hati.

Kesepakatan bergantung pada hak penangkapan ikan

Pemerintah belum melihat salinan teks yang dinegosiasikan selama sembilan bulan terakhir. Mereka harus menandatangani semua perjanjian apa pun dengan Inggris.

 

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan deutsche welle. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab deutsche welle.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement