Jumat 15 Jan 2021 00:38 WIB

Covid-19 Kemungkinan Nantinya akan Mirip Flu Biasa

Virus yang menjadi penyebab Covid-19 akan terus beradaptasi.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi Covid-19. Virus yang saat ini beredar mungkin akan menyerupai virus corona jenis sebelumnya penyebab flu biasa jika menjadi endemik.
Foto:

Profesor dan ahli epidemiologi di Universitas Negeri Pennsylvania, Ottar Bjornstad, mengakui semua ilmuwan saat ini berada di wilayah yang belum dipetakan. Meski begitu, dia mengapresiasi hasil studi yang telah dipublikasikan tersebut.

"Pesan utama yang dapat dibawa pulang dari penelitian ini adalah indikator imunologi menunjukkan bahwa tingkat kematian dan kebutuhan kritis untuk vaksinasi skala luas dapat berkurang dalam waktu dekat," kata Bjornstad.

Dia mencatat, semua pihak perlu melakoni upaya maksimal untuk mengatasi pandemi perdana ini dalam perjalanan menuju endemisitas. Vaksin yang aman dan efektif melawan Covid-19 dapat menyelamatkan ratusan ribu nyawa pada 1-2 tahun pertama.

Akan tetapi, vaksinasi massal yang berkelanjutan mungkin kurang kritis begitu nantinya SARS-CoV-2 menjadi endemik. Bagaimanapun, vaksinasi yang ditargetkan di subpopulasi yang rentan mungkin masih menyelamatkan nyawa.

Para peneliti menyoroti, jika infeksi primer pada anak-anak diketahui ringan ketika virus menjadi endemik, vaksinasi meluas mungkin tidak lagi diperlukan. Namun, jika infeksi primer menjadi parah pada anak-anak, vaksinasi harus dilanjutkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement