Sabtu 23 Jan 2021 12:06 WIB

Sidang Pemakzulan Trump Digeser ke Pekan ke-2 Februari

Senat AS mengundur sidang pemakzulan Trump hingga dua pekan.

Mantan Presiden AS Donald Trump. Pada Jumat (22/1), pimpinan Senat AS menyepakati bahwa jadwal sidang pemakzulan Trump diundur hingga dua pekan.
Foto:

Dengan jadwal terbaru ini, tim pemakzulan di Dewan Perwakilan akan mengajukan dokumen pra sidang pada 2 Februari, bersama dengan tim pembela Trump yang akan menyampaikan jawaban atas tuduhan. Kedua pihak akan saling merespons dokumen pada 8 Februari.

Keputusan Senat harus diambil atas minimal dua per tiga suara, yang berarti setidaknya 17 senator dari Partai Republik harus memberi suara setuju. Keputusan itu nantinya akan membuka jalan bagi pemungutan suara kedua, yang hanya membutuhkan persetujuan mayoritas, untuk melarang Trump menjabat lagi.

Sebelumnya, Trump mengatakan bahwa ia mungkin akan mencalonkan diri lagi sebagai presiden pada 2024. Keyakinannya itu bergantung pada McConnell yang posisinya memengaruhi senator Partai Republik lainnya.

Bagaimanapun, McConnell merespons serangan pendukung Trump ke Gedung Kongres sebagai "pancingan dengan kebohongan" dan "diprovokasi oleh presiden dan orang berpengaruh lainnya."

sumber : Antara, Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement