Jumat 05 Feb 2021 06:00 WIB

COVAX Distribusikan 337 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Distribusi vaksin Covid-19 COVAX ditarget melindungi kelompok paling rentan

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
Vaksin Covid-19 (ilustrasi).
Foto:

Wakil CEO untuk CEPI, Frederik Kristensen, mengatakan bahwa rencana tersebut datang pada saat kritis dalam perang melawan virus corona. Kondisi itu menyoroti varian baru muncul dan peluncuran vaksin yang tidak seimbang karena berfokus pada negara kaya.

"Kami berada di jalur untuk benar-benar mulai menyeimbangkan peta global, yang sejauh ini telah menunjukkan berapa banyak negara berpenghasilan rendah yang belum mulai memvaksinasi satu orang, sementara negara lain yang lebih kaya terus melakukan vaksinasi massal,” kata Kristensen,

Dalam jangka panjang, COVAX bertujuan untuk mengamankan vaksin yang cukup untuk setidaknya 20 persen paling rentan di negara-negara yang berpartisipasi pada akhir tahun 2021. Pendanaannya ditanggung melalui donasi untuk 92 ekonomi berpenghasilan rendah dan menengah ke bawah yang terlibat. Sedangkan untuk negara-negara kaya, pembelian beroperasi sebagai polis asuransi cadangan untuk program vaksinasi mereka sendiri.

Tapi, mekanisme tersebut menghadapi tantangan karena negara-negara kaya meraup pasokan vaksin, terkadang dengan harga premium. Kondisi itu melemahkan tujuan WHO untuk distribusi vaksin yang adil. Pemimpin program telah menghadapi masalah saat mencoba mencapai kesepakatan dengan produsen farmasi, dan hanya sebagian kecil dari dua miliar dosis yang telah diamankan untuk COVAX dengan kepastian kesepakatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement