Selasa 02 Mar 2021 17:49 WIB

AS Mengecilkan Kemungkinan Berbagi Vaksin dengan Meksiko

AS mengatakan fokus untuk melindungi warganya sendiri

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
 Presiden Joe Biden memegang gelang saat dia berbicara selama pertemuan virtual dengan Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador di Ruang Roosevelt Gedung Putih, Senin, 1 Maret 2021, di Washington.
Foto:

Dalam konferensi pers sebelum pertemuan, Lopez Obrador mengatakan ia akan meminta Biden untuk berbagi vaksin. Ia mengatakan Meksiko akan mengembalikannya setelah perusahaan-perusahaan farmasi mengirimkan pesanan Meksiko.

Dalam pernyataan gabungan usai pertemuan tersebut kedua negara berjanji akan memperdalam kerjasama dalam menanggapi pandemi Covid-19. Mereka juga akan bekerja sama dalam kebijakan-kebijakan imigrasi.

"Yang akan menghormati martabat para imigran dan menggelar imigrasi yang tertib, aman dan rutin," kata kedua negara dalam pernyataan tersebut.

Lopez Obrador mendesak AS untuk mengeluarkan lebih banyak izin kerja bagi warga Meksiko dan negara-negara Amerika Tengah termasuk izin kerja bagi para profesional. Kedua negara juga berjanji bekerja sama dalam upaya memperlambat perubahan iklim dan memulai kembali pembicaraan diplomatik dalam bidang perdagangan dan hak tenaga kerja. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement