Sabtu 06 Mar 2021 16:40 WIB

Bertemu Tokoh Syiah Irak, Paus Tekankan Persahabatan

Paus bertemu sekitar 40 menit dengan pemimpin Syiah Irak.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Teguh Firmansyah
 Paus Fransiskus disambut oleh Presiden Irak Barham Salih, di sebelah kanan, di Istana Kepresidenan Baghdad, Irak, Jumat, 5 Maret 2021. Paus Fransiskus telah tiba di Irak untuk mendesak jumlah umat Kristen yang semakin berkurang di negara itu untuk tetap tinggal dan membantu membangun kembali negara itu setelah bertahun-tahun perang dan penganiayaan, mengesampingkan pandemi virus corona dan masalah keamanan.
Foto:

Paus Fransiskus tiba di Baghdad, Irak, pada Jumat (5/3). Kunjungannya ke negara tersebut dinilai yang paling berbahaya sejak dia menduduki Takhta Suci Vatikan. Dia tiba di Bandara Internasional Baghdad sekitar pukul 14.00 waktu setempat, dengan menggunakan pesawat Alitalia. Selain rombongan dan petugas keamanan, sekitar 75 wartawan turut ikut bersamanya di pesawat tersebut.

"Saya merasa senang bisa melakukan perjalanan lagi," kata Paus sebagaimana dilansir dari laman Al Arabiya. Komentarnya menyinggung pandemi Covid-19 yang telah mencegahnya bepergian.

Perjalanan ke Irak adalah yang pertama di luar Italia sejak November 2019. "Ini adalah perjalanan simbolik dan ini adalah tugas terhadap tanah yang telah menjadi martir selama bertahun-tahun," ujar Paus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement