Sabtu 13 Mar 2021 05:10 WIB

Penyusup Ini Berhasil Masuk ke Pangkalan Air Force One

Tanpa hambatan penyusup ini berkeliaran di sekitar Air Force One selama berjam-jam.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Nidia Zuraya
Presiden Joe Biden naik Air Force One di Andrews Air Force Base, Md., Untuk perjalanan ke Milwaukee, Wis., Selasa, 16 Februari 2021 (ilustrasi).
Foto: AP/Manuel Balce Ceneta
Presiden Joe Biden naik Air Force One di Andrews Air Force Base, Md., Untuk perjalanan ke Milwaukee, Wis., Selasa, 16 Februari 2021 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Insiden pelanggaran keamanan yang sangat tidak biasa terjadi bulan lalu di pangkalan udara yang mengoperasikan pesawat kepresidenan Air Force One. Seorang penyusup, yang tidak terdeteksi selama beberapa jam, berjalan naik turun pesawat di jalur penerbangan, sebelum tutup kepalanya yang unik membuatnya tertangkap.

Menurut laporan investigasi Angkatan Udara yag dirilis Kamis (11/3), penyusup tersebut mengenakan topi berwarna merah muda cerah yang menutupi sebagian telinganya dan memiliki bola khas di bagian atasnya yang tampak seperti telinga tikus.

Baca Juga

Dilansir dari AP, seorang penerbang di kantor operasi di Pangkalan Militer Joint Base Andrews, yang berlokasi di Maryland di luar Washington, melihat orang tersebut di jalur penerbangan dan menjadi curiga, sebagian karena tutup kepala, dan menghubungi pihak keamanan. Para pejabat mengatakan dia tidak pernah mendekati Air Force One.

“Sejujurnya, saya hanya berusaha jujur, kami tidak tahu kami memiliki warga sipil yang tidak sah di pangkalan. Dia bisa saja berkeliaran lebih lama jika bukan karena penerbang itu yang mengetahui bahwa dia tidak cukup fit,” kata Inspektur Jenderal Angkatan Udara, Sami Said kepada wartawan menjelaskan tentang temuannya.

Gangguan yang terjadi pada 4 Februari itu dilaporkan pada hari yang sama oleh Angkatan Udara, yang membuka penyelidikan internal untuk menentukan bagaimana hal itu terjadi, dan apa yang dapat dilakukan untuk meminimalkan kemungkinan terulangnya kembali. 

Penyelidikan itu menemukan tiga kegagalan keamanan utama, dimulai dengan "kesalahan manusia" oleh penjaga keamanan gerbang yang mengizinkan pria itu mengemudi ke pangkalan, meskipun dia tidak memiliki kredensial yang mengizinkan aksesnya.  

Beberapa jam kemudian, pria itu berjalan tanpa terdeteksi ke jalur penerbangan, dengan menyelinap melalui pagar yang dirancang untuk membatasi akses masuk. Dan, akhirnya, dia berjalan masuk dan keluar dari pesawat yang diparkir tanpa halangan, meskipun dia tidak mengenakan lencana yang diperlukan yang mengesahkan akses ke area terlarang.

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement