Sabtu 27 Mar 2021 05:25 WIB

Taiwan-AS Kerja Sama Maritim, Perdana di Pemerintahan Biden

AS meyakinkan Taiwan bahwa komitmen mereka sangat kuat

Red: Nur Aini
Peta Taiwan.
Foto: Chinamaps.info/ca
Peta Taiwan.

REPUBLIKA.CO.ID, TAIPEI -- Taiwan dan Amerika Serikat telah menandatangani perjanjian pertama mereka di bawah pemerintahan Biden, terkait pembentukan Kelompok Kerja Penjaga Pantai untuk mengoordinasikan kebijakan.

Penandatanganan perjanjian itu terjadi saat tindakan maritim China menyebabkan meningkatnya kekhawatiran regional. Pemerintahan baru Presiden AS Joe Biden telah bergerak untuk meyakinkan Taiwan yang diklaim China bahwa komitmen Washington ke pulau itu sangat kuat.

Baca Juga

AS telah berulang kali menyatakan keprihatinan tentang upaya China untuk menekan Taipei. Duta besar Taiwan de facto untuk Amerika Serikat, Hsiao Bi-khim, menandatangani perjanjian itu di Washington pada Kamis (25/3), kata kantornya dalam sebuah pernyataan. Hsiao "menekankan bahwa sebagai pemangku kepentingan yang bertanggung jawab di kawasan Indo-Pasifik, Taiwan siap dan bersedia berbuat lebih banyak di domain maritim."

"Kami berharap dengan Kelompok Kerja Penjaga Pantai yang baru, kedua belah pihak akan menjalin kemitraan yang lebih kuat dan bersama-sama berkontribusi lebih banyak lagi untuk kawasan Indo-Pasifik yang Bebas dan Terbuka."

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement