Selasa 30 Mar 2021 13:44 WIB

Kanada Setop Vaksin AstraZeneca untuk Usia di Bawah 55 Tahun

Hingga saat ini belum ada laporan tentang pembekuan darah di Kanada.

Rep: Rizky Jaramaya / Red: Nur Aini
Alat suntik vaksin AstraZeneca Covid-19 (ilustrasi).
Foto:

Pada Senin (29/3) sore, provinsi Quebec mengumumkan bahwa mereka akan menangguhkan sementara penggunaan vaksin AstraZeneca untuk orang-orang di bawah 55 tahun "sampai penilaian ahli selesai". Sementara British Columbia, Alberta, Saskatchewan, Manitoba, Ontario, and Newfoundland and Labrador mengatakan, mereka akan menghentikan penggunaannya untuk siapa pun yang berusia di bawah 55 tahun. 

Regulator obat Kanada menyetujui AstraZeneca pada akhir Februari, ketika pemerintah berupaya untuk meningkatkan kampanye vaksinasi. Negara itu diharapkan menerima 1,5 juta dosis vaksin dari Amerika Serikat pada Selasa (30/3).

Health Canada mengatakan, mereka juga akan meminta AstraZeneca untuk memberikan "penilaian rinci tentang manfaat dan risiko vaksin menurut usia dan jenis kelamin dalam konteks Kanada".

“Informasi ini akan mendukung evaluasi berkelanjutan dari peristiwa pembekuan darah langka ini, dan memungkinkan Health Canada untuk menentukan apakah ada kelompok orang tertentu yang mungkin berisiko lebih tinggi.  Health Canada telah berdiskusi dengan AstraZeneca tentang masalah yang berkembang ini," kata Health Canada dalam sebuah pernyataan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement