Rabu 07 Apr 2021 08:40 WIB

Badan Obat Eropa: Pembekuan Darah Terkait dengan AstraZeneca

Badan Obat Eropa menyebut penyebab pembekuan darah belum diketahui.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Vaksinator bersiap melakukan vaksinasi menggunakan vaksin Covid-19 Astrazeneca
Foto:

EMA pekan lalu mengatakan bahwa tinjauannya saat ini belum mengidentifikasi faktor risiko spesifik, seperti usia, jenis kelamin, atau riwayat medis yang pernah mengalami gangguan pembekuan darah sebelumnya. EMA menyatakan hubungan kausal dengan vaksin tidak terbukti, tetapi mungkin ada analisis lebih lanjut.

Di antara kasus yang dilaporkan pengaruh vaksin AstraZeneca sebagian besar dialami oleh perempuan muda dan paruh baya. Tetapi hal itu tidak membuat EMA menyimpulkan bahwa kelompok tersebut berisiko mengalami pembekuan darah setelah menerima suntikan AstraZeneca.

Para ilmuwan sedang menjajaki beberapa kemungkinan yang dapat menjelaskan penyebab terjadinya pembekuan darah di otak setelah mendapatkan suntikan vaksin AstraZeneca. Kasus itu sangat langka dan muncul pada individu setelah beberapa hari atau beberapa minggu menerima suntikan vaksin AstraZeneca.

Peneliti Eropa telah mengajukan satu teori bahwa vaksin memicu antibodi yang tidak biasa dalam beberapa kasus yang jarang terjadi. Sementara yang lain mencoba memahami apakah kasus tersebut terkait dengan pil KB.

Tetapi banyak ilmuwan mengatakan tidak ada bukti pasti dan tidak jelas apakah vaksin AstraZeneca akan menyebabkan masalah yang tidak dimiliki oleh vaksin lain. Dalam wawancara terpisah anggota Komite EMA untuk Produk Obat untuk Penggunaan Manusia (CHMP) Armando Genazzani mengatakan kepada harian La Stampa, "sangat masuk akal" bahwa penggumpalan darah memiliki keterkaitan dengan vaksin AstraZeneca.

Vaksin AstraZeneca didasarkan pada vektor adenovirus simpanse yang dimodifikasi, ChAdOx1, yang dikembangkan di Universitas Oxford. Itu merupakan salah satu dari beberapa vaksin Covid-19 vektor adenovirus.  

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement