Kamis 06 May 2021 14:26 WIB

Otoritas Prediksi Pandemi Covid-19 di AS Berakhir Juli

Jumlah kasus harian Covid-19 di AS mulai menurun

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
 Janice Maylor (2-R), seorang rekan perawatan pasien di bangsal Covid Rumah Sakit Mount Sinai, merayakan setelah diinokulasi dengan vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Mount Sinai New York, New York, AS, 15 Desember 2020. Maylor, yang telah berada di rumah sakit selama 15 tahun dan bekerja di bangsal Covid di rumah sakit sejak musim semi, sangat bersemangat untuk menerima vaksin baru. Peluncuran vaksin Pfizer dan BioNTech, yang pertama disetujui oleh Food and Drug Administration, mengantarkan upaya vaksinasi terbesar dalam sejarah AS.
Foto:

Pejabat CDC memperkirakan bahwa puncak antara 7.000 dan 11.100 kematian mingguan akan dilaporkan secara nasional pada  Mei sebelum menurun tajam pada Juni dan Juli.  Model ini menunjukkan bahwa, pada akhir Juli jumlah kematian mingguan nasional bisa mencapai ratusan. Sedangkan rawat inap turun menjadi kurang dari 1.000 di bawah skenario yang paling optimis.

Namun, jika tingkat vaksinasi anjlok dan publik patuh terhadap tindakan pencegahan Covid-19, maka proyeksi jumlah kasus mingguan akan melonjak pada pertengahan Mei dalam kisaran ratusan ribu.

Hingga saat ini, lebih dari 107 juta orang Amerika telah divaksinasi penuh untuk melawan SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covis-19. Sementara hampir 149 juta lainnya telah menerima setidaknya satu dosis vaksin.

Presiden AS Joe Biden menargetkan 70 persen orang dewasa AS menerima setidaknya satu dosis vaksin Covid-19 yang disetujui. Ini adalah sebuah inisiatif yang pada akhirnya akan menempatkan AS sebagai negara bebas korona dalam skenario kasus terbaik CDC. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement