Jumat 04 Jun 2021 17:45 WIB

Mengapa Gambar Israel-Palestina di Google Beresolusi Rendah?

Para jurnalis kesulitan untuk melihat dampak kehancuran serangan Israel lewat Google.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah
Google earth
Foto:

Namun, selama bertahun-tahun, perusahaan-perusahaan Eropa mulai menyediakan layanan serupa, tidak terikat oleh undang-undang.

Ini akhirnya menyebabkan AS membatalkan ketentuannya pada Juli lalu. Namun,  keputusan ini tetap berlaku untuk penyedia pencitraan satelit AS dan perusahaan AS lainnya yang menggunakan citra satelit, termasuk Apple dan Google.

Menurut sebuah studi peer-review yang diterbitkan dalam jurnal Space Policy oleh dua arkeolog Oxford yang memimpin kampanye untuk mencabut pembatasan, persetujuan KBA menandai puncak dari hampir empat tahun ketegangan dan negosiasi AS-Israel.

Sebelumnya, pemerintahan Bill Clinton pernah merilis lebih dari 800 ribu gambar satelit yang diambil sebagai bagian dari operasi pengumpulan intelijen Perang Dingin AS. Deklasifikasi foto-foto menyebabkan mata air laporan di media arus utama. Semisal, The New York Times menerbitkan gambar pangkalan udara strategis pengebom Soviet di Kazakhstan yang belum pernah dilihat sebelumnya, diambil pada 1966.

Sementara di Israel pada Juni 1996, harian Yedioth Ahronoth menerbitkan foto udara reaktor di Dimona, yang diambil oleh satelit mata-mata AS beberapa dekade sebelumnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement