Selasa 08 Jun 2021 20:13 WIB

Covishield Hasilkan Antibodi Lebih Banyak Dibanding Covaxin

Dosis tunggal Covishield menimbulkan sekitar 10 kali antibodi daripada Covaxin

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Gita Amanda
Jarum suntik berisi vaksin COVISHIELD untuk COVID-19 terletak di atas kotak es, (ilustrasi).
Foto: AP/Dar Yasin
Jarum suntik berisi vaksin COVISHIELD untuk COVID-19 terletak di atas kotak es, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Dua dosis vaksin Covishield menghasilkan lebih banyak antibodi daripada dosis Covaxin. Namun, studi di India ini juga menemukan ada lebih sedikit contoh 'infeksi terobosan' pada orang yang menggunakan vaksin Covishield dibandingkan vaksin Covaxin.

Studi ini sedang ditinjau sejawat dan merupakan salah satu dari sedikit studi tentang efektivitas vaksinasi dunia nyata di India. Penelitian, oleh sekelompok dokter, menunjukkan bahwa tidak ada peserta yang sakit dan hanya sekitar enam persen yang dites positif pada titik yang berbeda dari jadwal vaksinasi. Sementara kedua vaksin bersifat protektif, ada perbedaan dalam perlindungan yang diberikan oleh satu dosis vaksin. Karena kekurangannya, lebih mudah bagi orang untuk mendapatkan dosis tunggal daripada kedua dosis, mengingat jarak yang direkomendasikan telah diperpanjang hingga 12 minggu untuk Covishield.

Untuk penelitian ini, 515 petugas kesehatan dari 13 negara bagian dan meliputi 22 kota dievaluasi dari Januari hingga Mei 2021. Sampel darah mereka juga diuji keberadaan, jumlah antibodi yang dihasilkan, dan kadar antibodi spesifik yang diarahkan ke protein lonjakan virus, yang secara luas dianggap sebagai proxy perlindungan.

 

Dosis tunggal Covishield menimbulkan sekitar 10 kali antibodi daripada Covaxin sedangkan dosis kedua sedikit mempersempit kesenjangan, dengan antibodi yang dipicu Covishield sekitar enam kali lipat dari yang distimulasi Covaxin.

“Sebaliknya, Covishield menunjukkan tingkat seropositif yang baik dan peningkatan 4 kali lipat dalam titer antibodi median bahkan setelah dosis tunggal,” catat para penulis dilansir di The Hindu, Selasa (8/6).

Secara keseluruhan, 97,8 persen dari mereka yang tidak pernah menderita Covid-19 dan mendapatkan dua dosis lengkap Covishield memiliki tingkat antibodi yang terdeteksi, atau diuji seropositif, dibandingkan dengan 79,3 persen dengan Covaxin. Penting untuk dicatat bahwa dari 515, hanya 90 yang mendapat Covaxin. Covishield merupakan mayoritas vaksin yang diberikan di negara ini dengan hampir sembilan orang mendapatkannya untuk setiap satu Covaxin.

Meskipun protein lonjakan tetap menjadi target utama sebagian besar vaksin, ICMR dan Bharat Biotech, pembuat Covaxin, sebelumnya mengatakan bahwa menjadi vaksin yang terbuat dari virus yang tidak aktif, itu menimbulkan respons 'kekebalan yang lebih luas', yang berarti antibodi yang ditujukan untuk berbagai jenis bagian dari virus corona untuk menetralisirnya. Imunitas sel-T, yang dilaporkan menghasilkan perlindungan yang lebih tahan lama, tidak diukur dalam penelitian ini.

Sementara data kemanjuran dari Covaxin dan data India-sentris di Covishield belum dipublikasikan, penelitian terbaru menunjukkan bahwa sebagian besar vaksin, termasuk Covaxin dan Covishield, telah mengurangi respons terhadap beberapa varian virus corona seperti B.1.617.2 atau Delta varian.

Penulis penelitian juga mengevaluasi hubungan respon imun terhadap jenis kelamin, riwayat tes positif untuk Covid-19 sebelum vaksinasi dan komorbiditas. Dari 30 petugas kesehatan yang dites positif virus, tiga dinyatakan positif setelah dosis pertama dan 27 setelah dosis kedua. Infeksi terobosan, dites positif untuk virus corona dua minggu setelah dosis kedua, tercatat dalam kelompok 5,5 persen (22/399) di Covishield dan 2,2 persen (2/93) penerima Covaxin.

Dr A.K. Singh, dari GD Hospital and Diabetes Institute, Kolkata dan di antara penulis makalah tersebut, mengatakan jumlah infeksi yang lebih besar setelah gelombang kedua mungkin disebabkan oleh peningkatan jumlah kasus setelah April dan paparan yang tinggi dari peserta penelitian. dokter di rumah sakit Covid-19 kepada pasien selama gelombang kedua.

"Studi ini akan berlanjut dalam beberapa bulan ke depan untuk mengevaluasi apakah tingkat antibodi menurun," kata Dr. Singh.

Tidak ada perbedaan yang signifikan dalam tingkat seropositif jika dibandingkan dengan usia, jenis kelamin, Indeks Massa Tubuh (IMT), golongan darah dan penyakit penyerta termasuk durasi dan pengobatannya. Peserta yang memiliki diabetes tipe2 dan hipertensi selama lebih dari lima tahun cenderung tidak memiliki antibodi yang dapat dideteksi dibandingkan mereka yang tidak memiliki kondisi tersebut atau terdeteksi kurang dari lima tahun yang lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement