Sabtu 19 Jun 2021 15:48 WIB

Pemerintahan Biden Vaksinasi 300 Juta Orang dalam 150 Hari

Biden puji para ilmuwan, perusahaan, rakyat Amerika, dan upaya seluruh pemerintahnya

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Christiyaningsih
Joe Biden
Foto: AP/Evan Vucci
Joe Biden

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Presiden AS Joe Biden mengumumkan pencapaiannya dalam mengendalikan pandemi Covid-19. Pemerintahan Biden telah memberikan 300 juta suntikan vaksin dalam 150 hari sejak ia menjabat.

Biden memuji para ilmuwan, perusahaan, rakyat Amerika, dan upaya seluruh pemerintahnya. Presiden mencatat kampanye vaksinasi yang meluas telah mengatur panggung bagi kebanyakan orang Amerika untuk memiliki musim panas yang relatif normal ketika bisnis dibuka kembali dan karyawan kembali dipekerjakan.

Baca Juga

"Kami menuju musim panas yang sangat berbeda dibandingkan tahun lalu. Musim panas yang cerah. Dengan penuh doa, musim panas yang penuh sukacita," kata presiden Biden dilansir AP, Sabtu (19/6).

Namun ketika Biden menandai satu tonggak sejarah, dia dalam bahaya gagal memenuhi yang lain: targetnya untuk memiliki 70 persen orang dewasa Amerika setidaknya divaksinasi sebagian pada 4 Juli, dalam waktu kurang dari dua pekan.

Secara keseluruhan sekitar 168 juta orang dewasa Amerika atau 65,1 persen dari populasi AS berusia 18 tahun ke atas telah menerima setidaknya satu dosis vaksin Covid-19 pada Jumat, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Laju vaksinasi baru di AS telah turun secara signifikan dari hampir dua juta per hari sekitar dua bulan lalu, membahayakan kemampuan Biden untuk mencapai angka 70 persen. Gedung Putih mengatakan pendekatan seluruh pemerintah terhadap upaya vaksinasi telah membuat virus mundur, yang pada gilirannya telah membawa kasus Covid-19, rawat inap, dan kematian ke level terendah dalam lebih dari setahun.  

Akan tetapi Biden mencatat dalam sambutannya bahwa beberapa komunitas di negara bagian dengan tingkat vaksinasi yang lebih rendah mengalami peningkatan kasus dan rawat inap. Pemerintah AS berada di tengah-tengah serangan selama sebulan untuk memerangi keragu-raguan vaksin dan kurangnya urgensi yang dirasakan beberapa orang untuk mendapatkan suntikan, terutama di selatan dan barat tengah.

Sebagai bagian dari dorongan vaksinasi pemerintah, Wakil Presiden AS Kamala Harris melakukan perjalanan ke Atlanta pada Jumat untuk mengunjungi situs vaksinasi Covid-19 pop-up di Gereja Baptis Ebenezer, di mana Martin Luther King Jr. adalah seorang pendeta sampai pembunuhannya pada 1968. Pendeta senior saat ini adalah Senator AS Raphael Warnock.

Harris juga berbicara di acara mobilisasi vaksinasi Covid-19 di Clark Atlanta University, sebuah sekolah kulit hitam yang bersejarah. Dia memberi tahu siswa bahwa mereka memiliki kekuatan untuk mengakhiri pandemi ini dengan memberikan informasi kepada orang-orang tentang banyak sumber daya, seperti naik mobil gratis dan penitipan anak, yang tersedia untuk membantu mereka mendapatkan vaksinasi.

"Mendapatkan vaksinasi adalah tentang membangun kekuatan komunitas. Mendapatkan vaksinasi adalah tentang membangun kekuatan negara kita," kata Harris.

Pemerintahan Biden menegaskan bahwa bahkan jika tujuan vaksinasi 70 persen tidak terpenuhi, itu akan berdampak kecil pada pemulihan AS secara keseluruhan, yang sudah lebih dulu dari yang dikatakan Biden beberapa bulan lalu.

Biden ingin merayakan Hari Kemerdekaan sebagai musim panas kebebasan dari virus. Awal pekan ini, Gedung Putih mengumumkan rencana untuk menjadi tuan rumah responden pertama, pekerja penting dan anggota layanan, dan keluarga mereka di South Lawn untuk memasak dan menonton kembang api di atas National Mall.

Lebih dari 1.000 tamu diharapkan di acara yang akan jadi salah satu acara terbesar kepresidenan Biden.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement