Selasa 22 Jun 2021 01:12 WIB

Mengenal Satwa-Satwa yang Pernah Tinggal di Gedung Putih

Donald Trump tidak membawa hewan peliharaan selama tinggal di gedung Putih.

Rep: Lintar Satria/ Red: Dwi Murdaningsih
Seorang pawang mengajak Mayor, salah satu anjing Presiden Joe Biden dan Ibu Negara Jill Biden, Senin, 29 Maret 2021, di Halaman Selatan Gedung Putih di Washington.
Foto:

 

Pada tahun 1959 Presiden Dwight Eisenhower juga menerima hadiah tidak biasa dari Perdana Menteri Republik Kongo Fulbert Youlou. Eisenhower dihadiahi bayi gajah yang bernama Dzimbo.

Presiden itu menyamakan Dzimbo dengan cucu-cucunya. "Dia tidak suka wortel," kata Eisenhower saat itu. Dzimbo akhirnya dipindahkan ke kebun binatang Washington.  

Woodrow Wilson Presidential Library and Museum mengatakan untuk menurunkan biaya dan kurangnya sumber daya manusia selama Perang Dunia I. Pemerintah membawa kawanan domba ke Gedung Putih agar rumput di kediaman presiden AS itu tetap pendek.

Kawanan domba yang berasal dari Maryland itu dibawa ke Gedung Putih pada tahun 1918 dan tetap berada di sana selama dua tahun. Pada suatu ketika bulu kawanan domba itu dicukur. Setiap negara bagian menerima 2 pon bulu kawanan domba itu yang akhirnya dilelang dan hasilnya yang senilai 25 ribu dolar AS diserahkan ke Palang Merah.

Presiden Calvin Coolidge dan Ibunegara Grace Coolidge yang menghuni Gedung Putih dari tahun 1923 hingga 1929 memelihara beberapa ekor anjing, kucing, burung dan seekor keledai. Tapi yang paling terkenal dan disayang adalah rakun bernama Rebecca.

Woodrow Wilson Presidential Library and Museum mengatakan pada November 1926 keluarga presiden Coolidge menerima seekor rakun untuk dihidangkan pada makan malam Thanksgiving. Tapi ternyata rakun itu ramah dan keluarga presiden pun mengubah nasibnya.

 

Asosiasi Sejarah Gedung Putih menambahkan selama bertahun-tahun Presiden Coolidge semakin akrab dengan Rebecca dan terkadang mengajaknya jalan-jalan sekitar Gedung Putih. Ia memberi Rebecca tanda pengenal bertuliskan 'Rakun Gedung Putih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement