Selasa 06 Jul 2021 21:26 WIB

China Peringatkan Soal Campur Tangan Asing di Taiwan

Sebelumnya, wakil perdana menteri Jepang mengatakan akan membela Taiwan

Red: Nur Aini
China menegaskan kembali bahwa pihaknya tidak akan membiarkan negara mana pun ikut campur di Taiwan.
China menegaskan kembali bahwa pihaknya tidak akan membiarkan negara mana pun ikut campur di Taiwan.

 

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- China menegaskan kembali bahwa pihaknya tidak akan membiarkan negara mana pun ikut campur di Taiwan.

Baca Juga

“Kami tidak akan pernah mengizinkan negara mana pun untuk ikut campur dalam masalah Taiwan dengan cara apa pun. Tidak ada yang boleh meremehkan tekad, kemauan dan kekuatan rakyat China untuk menjaga kedaulatan nasional,” kata Zhao Lijian, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Selasa (6/7).

Pernyataan itu disampaikan untuk menanggapi Wakil Perdana Menteri Jepang Aso Taro, yang pada Senin mengatakan bahwa negaranya dapat mengambil tindakan jika China menginvasi Taiwan.

China menganggap Taiwan sebagai provinsi yang memisahkan diri, sementara Taiwan bersikeras untuk merdeka sejak 1949 dan memiliki hubungan diplomatik penuh dengan setidaknya 16 negara.

“Jika terjadi peristiwa besar [di Taiwan], tidak aneh sama sekali jika menyentuh situasi yang mengancam kelangsungan hidup. Jika itu masalahnya, Jepang dan AS harus membela Taiwan bersama-sama,” kata Taro.

Zhao menilai pernyataan Taro sangat salah dan berbahaya serta akan merusak fondasi politik hubungan China-Jepang.

Peningkatan hubungan antara Taiwan dan negara-negara barat, termasuk Amerika Serikat dan sekutunya, telah membuat China marah.

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/china-peringatkan-soal-campur-tangan-asing-di-taiwan/2295900
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement