Sabtu 17 Jul 2021 07:15 WIB

India Pesan 660 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Target untuk memvaksinasi 944 juta warga hingga Desember dianggap terlalu ambisius.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Warga mengantre untuk disuntik vaksin Covid-19 di pusat vaksinasi di Mumbai, India, Ahad (4/7). Beberapa negara bagian di India telah melaporkan kekurangan vaksin.
Foto:

Pemerintah India mengatakan, produksi bulanan Bharat Biotech akan melesat hingga 70 juta dosis pada bulan ini atau paling lambat Agustus mendatang, dari sekitar 10 juta dosis pada April. Produksi bisa meningkat lebih jauh hingga hampir 100 juta pada September.

"Saya memperkirakan kekurangan vaksin akan terus berlanjut dan sesuai dengan rencana pasokan vaksin, tampaknya rata-rata harian untuk seluruh Juli akan tetap di bawah empat juta," ujar Rijo John, ekonom kesehatan dan profesor di Rajagiri College of Social Sciences. di Kochi.

Setelah rekor 9,1 juta dosis diberikan pada 21 Juni, kurang dari empat juta dosis per hari telah diberikan rata-rata bulan ini. Peluncuran penuh vaksin Sputnik V Rusia di India juga telah tertunda karena kurangnya pasokan impor.

Kasus Covid-19 harian di India telah turun ke posisi terendah selama hampir dua bulan terakhir. Meski demikian, negara itu tetap menjadi yang tertinggi kedua secara global dalam hal infeksi harian.

India melaporkan 38.949 kasus Covid-19 selama 24 jam terakhir pada Jumat (16/7). Sementara total kasus di negara itu sejak awal pandemi mencapai 31.026.829 dan jumlah kematian adalah 412.531.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement