Jumat 06 Aug 2021 19:27 WIB

Jumlah Antivaksin di AS tidak Berubah Sejak Desember

Warga AS antivaksin percaya bahwa vaksin lebih berbahaya dari Covid-19.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Warga AS antivaksin percaya bahwa vaksin lebih berbahaya dari Covid-19.
Foto: AP/Frank Franklin II
Warga AS antivaksin percaya bahwa vaksin lebih berbahaya dari Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presentase orang dewasa di Amerika Serikat (AS) yang menentang vaksin Covid-19 tidak berubah sejak Desember 2020 lalu. Mereka percaya bahwa vaksin lebih berbahaya daripada Covid-19.

Data tersebut didasarkan laporan dari Kaiser Family Foundation, yang dilansir laman NBC News, Jumat (7/8). Saat ini, hampir 165 juta orang di AS divaksinasi sepenuhnya seiring dengan varian delta mengamuk di seluruh negeri. Orang Amerika yang divaksinasi percaya, varian delta cukup mengkhawatirkan sehingga mereka terus mengenakan masker di depan umum dan menghindari pertemuan besar.

Baca Juga

Temuan survei menunjukkan beberapa perbedaan mencolok antara kedua kelompok dan tantangan yang dihadapi pejabat kesehatan masyarakat. Yayasan Keluarga Kaiser mensurvei 1.517 orang dewasa pada pertengahan Juli tentang pemikiran dan pengalaman mereka seputar vaksin.

Kelompok peneliti telah melakukan survei sejak Desember untuk melacak perubahan sikap tentang vaksin. Satu temuan tidak berubah. Penentangan keras terhadap vaksin telah berkisar antara 13 persen hingga 15 persen sejak awal. Dalam laporan terbaru, 14 persen mengatakan mereka "pasti tidak" akan divaksinasi.

Mereka yang tetap tidak divaksinasi lebih mungkin daripada orang-orang yang telah mendapat suntikan untuk mengatakan outlet media telah membesar-besarkan keseriusan pandemi. Mereka secara keliru percaya bahwa ada lebih banyak ketakutan dari vaksin daripada dari Covid-19.

Demografi masing-masing kelompok sebagian besar dibagi berdasarkan afiliasi politik. Para penulis mengatakan, perbedaannya sebagian besar didorong oleh Partai Republik yang tidak divaksinasi.

"Mayoritas Partai Republik mengatakan mereka tidak pernah memakai masker di luar ruangan, di tempat-tempat ramai di luar ruangan, di tempat kerja, atau di toko kelontong. Demokrat lebih cenderung melaporkan memakai masker setidaknya sebagian besar waktu di semua lokasi ini,” kata wakil presiden dan direktur opini publik dan penelitian survei di Keluarga Kaiser, Liz Hamel.

Hasilnya mungkin tidak mencerminkan dampak potensial dari pesan terbaru dari anggota parlemen Republik yang mendorong konstituen mereka untuk divaksinasi. Pada pertengahan Juli itu, jumlah kasus Covid-19 meningkat karena varian delta dari virus corona. Saat itu pula, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS belum merekomendasikan penggunaan masker dalam ruangan di daerah dengan tingkat penularan tinggi.

Sebanyak 62 persen orang dewasa yang divaksinasi mengatakan berita tentang varian tersebut telah mendorong mereka untuk terus menggunakan masker di tempat umum. Sebanyak 61 persen mengatakan mereka menghindari pertemuan besar karena varian tersebut.

Sebaliknya, 37 persen orang dewasa yang tidak divaksinasi mengatakan varian itu telah mendorong mereka untuk memakai masker, dan 40 persen mengatakan mereka menghindari keramaian.

"Ketika kita melihat siapa yang lebih mungkin untuk mengubah perilaku mereka karena delta, itu adalah orang yang divaksinasi versus orang yang tidak divaksinasi. Itulah yang benar-benar menonjol," kata Hamel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement