Sabtu 07 Aug 2021 18:05 WIB

Taliban Rayakan Kemenangan Usai Rebut Ibu Kota di Nimruz

Kota Zaranj merupakan ibu kota provinsi pertama yang disebut oleh Taliban.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Pasukan taliban di Afghanistan
Foto: VOA
Pasukan taliban di Afghanistan

REPUBLIKA.CO.ID,  NIMRUZ -- Taliban merebut ibu kota Provinsi Nimruz, Kota Zaranj. Ini adalah Ibu kota provinsi pertama yang direbut kelompok pemberontak itu dari Pemerintah Afghanistan. Taliban juga tengah berusaha merebut dua provinsi lain.

 

Baca Juga

Pada Sabtu (7/8), Aljazirah melaporkan sejumlah sumber mengatakan Zaranj jatuh ke tangan Taliban pada Jumat (6/8) kemarin. Selain itu juga ada laporan kelompok itu telah menguasai ibu kota Provinsi Helmand, Lashkar Gah.  

 

Taliban disebut merebut banyak wilayah demi memberlakukan hukum Islam yang kaku setelah digulingkan Amerika Serikat (AS) pada 2001 lalu. Kelompok itu juga mengintensifkan serangan ke kelompok-kelompok yang didukung pemerintah AS saat pasukan asing akan meninggalkan Afghanistan usai berperang di negara itu selama 20 tahun.

 

Menjelang mundurnya pasukan asing, dalam beberapa bulan terakhir Taliban telah merebut banyak distrik dan daerah perbatasan. Mereka juga menekan sejumlah ibu kota provinsi termasuk Herat di Barat dan Kandahar di selatan.

 

Zaranj ibu kota provinsi pertama yang jatuh ke tangan kelompok tersebut sejak AS sepakat untuk menarik mundur pasukannya pada Februari 2020 lalu. Terakhir kali Taliban merebut ibu kota provinsi adalah Kunduz pada 2016 lalu, namun segera direbut kembali oleh pasukan pemerintah.

 

Juru bicara kepolisian Nimruz mengatakan Taliban berhasil merebut kota itu karena tidak ada bala bantuan dari pemerintah. Petugas tersebut menolak disebutkan namanya atas alasan keamanan.

 

Sumber Taliban mengatakan kelompok itu merayakan kemenangan mereka. Keberhasilan di Zaranj akan mendorong moral pasukan Taliban di provinsi-provinsi lain. Komandan Taliban yang tidak bersedia disebutkan namanya mengatakan Zaranj cukup strategis karena berbatasan dengan Iran.

 

"Ini awalnya dan (anda akan) melihat bagaimana provinsi lain akan segera jatuh ke tangan kami," katanya.

 

Pada Jumat kemarin Taliban mengirimkan pesan ke media yang mengatakan mereka terlah membebaskan tahanan dari penjara Zaranj. Juru bicara Taliban Qari Yousuf Ahmadi juga mengatakan mereka telah mengusai markas intelijen provinsi itu.

 

Selain pesan tertulis Taliban juga mengirimkan foto dan video ke media yang menunjukkan anggotanya berada di gedung-gedung pemerintah dan gerbang masuk provinsi. Satu foto menunjukkan seorang anggota Taliban sedang berjaga di depan komplek gedung gubernur provinsi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement