Rabu 11 Aug 2021 16:45 WIB

Diplomat Inggris Diduga Jadi Mata-Mata Rusia

Staf Kedubes Inggris ditangkap karena dicurigai memberikan dokumen rahasia ke Rusia.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
Mata-mata (ilustrasi)
Foto: REPUBLIKA.CO.ID
Mata-mata (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Polisi Jerman menangkap seorang warga Inggris yang bekerja di kedutaan Inggris di Berlin pada Selasa (10/8). Menurut Jaksa, dia ditangkap karena dicurigai memberikan dokumen kepada dinas intelijen Rusia dengan imbalan uang tunai.

"Setidaknya pada satu kesempatan, dia menyerahkan dokumen yang dia peroleh selama aktivitas profesionalnya kepada perwakilan dinas intelijen Rusia," kata kepala kantor kejaksaan federal dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga

Jaksa Jerman mengatakan bahwa apartemen dan tempat kerja pria yang diidentifikasi hanya sebagai David S itu telah digeledah. Dia akan dibawa ke hadapan hakim investigasi pada Rabu (11/8) malam. "Terdakwa menerima uang tunai dalam jumlah yang belum diketahui sebagai imbalan atas transmisi informasinya," ujar kantor kejaksaan federal Jerman.

Pria itu ditangkap di Potsdam, tepat di luar Berlin. Dia dipekerjakan sebagai anggota staf lokal di kedutaan Inggris sampai penangkapannya, yang merupakan hasil penyelidikan bersama oleh otoritas Jerman dan Inggris.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement