Rabu 18 Aug 2021 19:14 WIB

UNICEF Optimis dengan Janji Taliban Soal Sekolah Perempuan

Taliban mengklaim akan mendukung pendidikan bagi anak perempuan Afghanistan

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Murid perempuan di Afghanistan.
Foto:

Sementara, beberapa orang Taliban lainnya mengatakan mereka berharap sekolah 'terus berjalan'. Ben Messaoud mengatakan seorang direktur kesehatan Taliban di Herat meminta pegawai perempuan UNICEF untuk melapor.

Ia menambahkan UNICEF belum melakukan komunikasi langsung dengan Taliban di ibu kota Kabul. Juru bicara Komisioner Hak Asasi Manusia PBB Michelle Bachelet, Rupert Colville mengatakan kekhawatiran masyarakat Afghanistan 'sangat amat dipahami'.

"Kami meminta Taliban untuk menunjukkan lewat tindakan, tidak hanya perkataan, bahwa ketakutan begitu banyak orang dari berbagai lapisan atas keamanan telah teratasi," katanya.  

Tidak seperti negara-negara Barat yang berusaha mengevakuasi diplomat dan warga negara mereka dari Afghanistan. PBB tidak berencana untuk mengevakuasi staf mereka dan meminta lebih banyak bantuan untuk operasi mereka saat kebutuhan humanitarian meningkat.

Namun, pendonor ragu mengirimkan bantuan karena hubungan PBB dengan Taliban. Pasalnya, Dewan Keamanan PBB menetapkan Taliban sebagai organisasi teroris.

Sejak awal tahun sudah lebih setengah juta warga Afghanistan terpaksa mengungsi dari negara itu. Lembaga-lembaga PBB memperingatkan kemungkinan terjadinya 'bencana kemanusiaan' karena kelaparan semakin meluas. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement