Jumat 20 Aug 2021 10:59 WIB

Pemerintah AS Didesak Pastikan Pengiriman Bantuan ke Gaza

53 anggota House dari Partai Demokrat mendesak pengiriman bantuan ke Gaza

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
Tim penyelamat dan personel keamanan Palestina memeriksa lokasi ledakan ketika penggali mekanis bekerja untuk menghilangkan puing-puing, di Kota Gaza, Gaza, Kamis, 22 Juli 2021. Sedikitnya satu orang tewas dan 10 terluka Kamis ketika sebuah ledakan menghancurkan sebuah rumah di pasar yang populer, kata kementerian dalam negeri.
Foto:

Sekitar 1.500 perusahaan ekonomi di Gaza diperkirakan telah hancur atau rusak selama pengeboman Israel pada  Mei yang menewaskan sedikitnya 248 warga Palestina. Pejabat Palestina telah menyatakan itu mengakibatkan kerugian senilai 479 juta dolar AS.

Sementara itu, dua juta warga Palestina yang tinggal di Gaza menghadapi pengetatan pembatasan Israel dalam beberapa bulan terakhir. Israel telah mencegah impor bahan mentah, bahan bangunan, peralatan dan peralatan listrik, peralatan kayu, logam, dan plastik ke Gaza.

Tel Aviv pun memberlakukan pembatasan ketat pada ekspor dengan hanya mengizinkan sejumlah kecil produk dan ikan keluar dari Palestina. Efeknya adalah keadaan lumpuh di berbagai sektor, dengan pengangguran meningkat hingga 75 persen. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement