Sabtu 21 Aug 2021 13:48 WIB

Tujuh Tokoh yang Paling Berpengaruh di Taliban

Keanggotaan Taliban sebagian besar diambil dari mayoritas penduduk etnis Pashtun

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
Dalam foto arsip 29 Februari 2020 ini, utusan perdamaian AS Zalmay Khalilzad (kiri) dan Mullah Abdul Ghani Baradar, pemimpin politik utama kelompok Taliban berjabat tangan setelah menandatangani perjanjian damai antara Taliban dan pejabat AS di Doha, Qatar.
Foto:

4. Putra Pendiri Taliban Mohammad Yaqoob

Yaqoob adalah putra pendiri Taliban Mullah Omar dan pernah dianggap sebagai pesaing untuk posisi teratas kelompok itu karena garis keturunannya. Sedikit detail yang diketahui tentang dia.

Laporan berita menunjukkan dia dididik di sebuah seminari di negara tetangga Pakistan dan sekarang tinggal di Afghanistan. Dia dipercaya mengawasi kegiatan militer kelompok tersebut bersama dengan Sirajuddin Haqqani.

5. Negosiator Utama Abdul Hakim Haqqani

Haqqani diyakini dekat dengan Panglima Tertinggi Akhunzada. Dia mengepalai tim perunding Taliban yang bertanggung jawab atas pembicaraan damai dengan mantan pemerintah yang didukung AS. Dia juga mengepalai dewan senior ulama.

6. Diplomat Kunci Sher Mohammad Abbas Stanikzai

Stanikzai fasih berbahasa Inggris, tidak seperti banyak pemimpin kelompok. Dia dan berkeliling dunia secara ekstensif sebagai wakil menteri luar negeri ketika milisi terakhir menguasai kekuasaan di Afghanistan.

Pada 1996, Stanikzai mengunjungi Washington dalam misi yang gagal untuk meyakinkan pemerintahan Bill Clinton untuk mengakui pemerintah Taliban. Dia juga memimpin delegasi ke China untuk bertemu dengan pejabat pemerintah. Stanikzai juga merupakan wakil negosiator Abdul Hakim Haqqani dalam pembicaraan dengan pejabat pemerintah Afghanistan.

7. Juru Bicara Utama Zabihullah Mujahed

Mujahed awal pekan ini berpidato pada konferensi pers pertama Taliban di Kabul. Kemungkinan ia akan memainkan peran penting dalam menyampaikan pesan kelompok itu kepada masyarakat internasional.

Selama 20 tahun perang, Mujahed berkomunikasi dengan wartawan hanya melalui telepon atau melalui pesan teks. Interaksi media pada 17 Agustus adalah pertama kalinya dia terlihat di depan umum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement