Selasa 31 Aug 2021 11:50 WIB

Hampir 30 Persen Ekspor Emas Brasil Ilegal

Penambang liar di Brasil sering mengekstraksi emas dari kawasan terlarang

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Seorang pria meletakan bendera Brasil di sebelah patung pasir Christ the Redeemer yang merupakan ikon di Rio de Janerio yang memakai masker.
Foto: AP/Silvia Izquierdo
Seorang pria meletakan bendera Brasil di sebelah patung pasir Christ the Redeemer yang merupakan ikon di Rio de Janerio yang memakai masker.

REPUBLIKA.CO.ID, BRASILIA  - Sebuah laporan menunjukkan sekitar 28 persen dari ekspor emas Brasil pada 2019 dan 2020 kemungkinan berasal dari tambang ilegal. Temuan itu mengindikasikan meningkatnya tindak pemalsuan dokumen dan kurangnya penegakan hukum yang tegas.

Laporan dari jaksa federal dan Universitas Minas Gerais menemukan indikasi adanya pelanggaran hukum terkait ekspor 48,9 ton emas dalam periode dua tahun. Penambang liar di Brasil sering mengekstraksi emas dari kawasan terlarang, seperti cagar alam yang dilindungi atau tanah adat.

Baca Juga

Penambangan tanpa memperhatikan kelestarian lingkungan itu mendorong deforestasi di hutan hujan Amazon dan terbukti meracuni sungai dengan merkuri. Laporan tersebut hanya memeriksa emas yang terdaftar di pemerintah federal terkait pembayaran pajak logam mulia.

Referensi silang dilakukan dengan citra satelit di lokasi tambang yang dilaporkan. Jumlah emas yang dilaporkan dari daerah tersebut melampaui kapasitas sumbernya, menurut laporan itu.

"Ada upaya untuk melakukan pencucian emas ini, untuk menyembunyikan asal usulnya. Namun lewat referensi silang dengan gambar, tidak mungkin emas ini berasal dari tempat yang dilaporkan," kata Raoni Rajao, profesor manajemen lingkungan di Universitas Minas Gerais yang menjadi penulis laporan itu.

Untuk 6,3 ton emas, daerah yang dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai asal emas tidak menunjukkan bukti adanya penambangan lewat citra satelit. Sisanya dilaporkan berasal dari tempat-tempat yang berbatasan dengan hutan lindung yang menunjukkan tanda-tanda telah dirusak oleh penambang.

Data pemerintah menunjukkan 111 ton emas diekspor pada 2020, lebih banyak dari total produksi 92 ton, yang menunjukkan sebagian di antaranya mungkin berasal dari sumber ilegal, kata laporan itu. Kementerian Pertambangan dan Energi Brasil belum memberikan komentar. Pada 2019 dan 2020, Kanada, Swiss, dan Inggris membeli 72 persen ekspor emas Brasil.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement