Selasa 31 Aug 2021 21:36 WIB

Sindir AS, Xinjiang Ungkit Pembuatan Film The Kite Runner

Syuting The Kite Runner dilakukan di Xinjiang, bukan di Afghanistan.

Poster film The Kite Runner yang tayang pada 2007. Menceritakan tentang persahabatan anak Afghanistan, The Kite Runner syuting di Xinjiang, China.
Foto:

Menurut Xu, pengambilan gambar tokoh film tersebut, Amir dan Hassan, saat bermain di bawah pohon delima itu berlokasi di Kabupaten Taxkorgan. Daerah ini banyak dihuni etnis minoritas Tajik di Xinjiang.

"Ironis, AS yang mengawali perang di Afghanistan untuk memberangus terorisme, namun tidak membantu rakyat Afghanistan. Lalu apa yang dibawa ke Afghanistan?" ujar pengurus teras Partai Komunis China (CPC) Xinjiang itu.

Menurut Xu, peperangan yang berkelanjutan telah menyebabkan kerusakan parah bagi Afghanistan. Bahkan, tidak ada tempat untuk pembuatan film di Afghanistan.

The Kite Runner mengisahkan Amir, seorang bocah dari keluarga berada di Kabul, yang merasa bersalah karena meninggalkan sahabatnya, Hassan. Saat itu, Afghanistan digambarkan tengah dilanda berbagai kekacauan sejak jatuhnya monarki, eksodus besar-besaran pengungsi ke Pakistan dan AS, hingga kebangkitan Taliban.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement