Rabu 29 Sep 2021 17:44 WIB

Iran Terkejut dengan Pernyataan Presiden Azerbaijan

Presiden Azerbaijan menyindir masuknya truk dari Iran secara ilegal ke Karabakh.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev
Foto: AP/Azerbaijan's Presidential Press
Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Kementerian Luar Negeri Iran menyatakan pernyataan Presiden Azerbaijan  Ilham Aliyev tentang Iran mengejutkan. Sebelumnya dia menyindir soal masuknya truk Teheran secara ilegal ke wilayah Karabakh.

"Pernyataan Aliyev mengejutkan karena mereka datang pada saat Teheran dan Baku memiliki hubungan baik berdasarkan saling menghormati dan ada saluran normal di mana kedua belah pihak dapat berbicara di tingkat tertinggi," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh.

Baca Juga

Khatibzadeh mengatakan Teheran menentang segala jenis pendudukan dan menghormati integritas teritorial negara lain. "...Ketetanggaan adalah hal utama dan semua tetangga diharapkan untuk mematuhinya," ujarnya.

Dalam sebuah wawancara dengan Anadolu Agency pada Senin (26/9), Aliyev mengkritik masuk dan kehadiran secara ilegal truk trailer Iran ke wilayah Karabakh yang baru saja dibebaskan. Iran melanjutkan tindakan ilegal seperti itu meskipun ada peringatan. Aliyev menggambarkan situasi itu sebagai tidak menghormati pemerintah Azerbaijan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement