Rabu 27 Oct 2021 13:32 WIB

Panel FDA Dukung Pemberian Vaksin untuk Anak Usia 5-11 Tahun

Panelis FDA nilai manfaat vaksin lebih besar daripada risikonya bagi anak 5-11 tahun.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech. Panel FDA mendukung pemberian vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech dengan dosis rendah untuk anak usia lima hingga 11 tahun.
Foto:

Di sisi lain, sebagian orang juga ada yang sangat menentang vaksinasi anak-anak yang lebih muda. Baik FDA maupun para penasihatnya dibanjiri dengan kampanye e-mail yang berusaha memblokir vaksinasi Pfizer pada anak kecil.

Dr Jay Portnoy dari Children's Mercy Hospital di Kansas City, Missouri, mengatakan, dirinya tetap teguh dengan pendiriannya soal pentingnya vaksin bagi anak kecil. Meskipun ada lebih dari 4.000 e-mail yang mendesaknya untuk memilih menentang vaksin, dia berpegang pada data yang menunjukkan bahwa vaksin itu berhasil.

"Saya juga mewakili orang tua yang saya lihat setiap hari di klinik, mereka takut mengirim anak-anaknya ke sekolah," ujar Portnoy.

Panelis menekankan bahwa mereka tidak mendukung mewajibkan vaksin untuk anak kecil. FDA juga tidak membuat keputusan untuk mewajibkannya.

Kepala vaksin FDA Dr Peter Marks juga mengatakan akan sangat tidak biasa bagi kelompok lain untuk mewajibkan sesuatu yang hanya diizinkan untuk penggunaan darurat.  Beberapa penasihat mengatakan, mereka berharap dapat menyesuaikan suntikan untuk anak-anak dengan risiko tertinggi, keputusan yang ada di tangan CDC.

Dr James Hildreth dari Meharry Medical College mengatakan, dia akhirnya memilih mendukung pemberian vaksin bagi anak usia lima hingga 11 tahun. Ia ingin memastikan bahwa anak-anak yang benar-benar membutuhkan vaksin ini, terutama anak-anak kulit hitam dan gelap di Amerika Serikat, mendapatkannya.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement