Selasa 09 Nov 2021 13:26 WIB

Kemenhan: China Mampu Blokade Bandara dan Pelabuhan Taiwan

China meluncurkan apa yang disebut medan tempur 'zona abu-abu' terhadap Taiwan.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
 Dalam foto yang dirilis oleh Kantor Berita Militer Taiwan ini, senjata artileri Taiwan menembakkan peluru tajam selama latihan anti-pendaratan sebagai bagian dari latihan Han Guang yang diadakan di sepanjang pantai Pingtung di Taiwan, pada Kamis, 16 September 2021. Lima tahunan Taiwan hari latihan militer Han Guang dirancang untuk mempersiapkan pasukan pulau itu untuk serangan oleh China, yang mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya sendiri.
Foto:

Pada Oktober lalu Taiwan melaporkan 148 pesawat tempur China masuk ke zona barat dan barat daya wilayah pertahanan mereka selama empat hari. Hal ini meningkatkan ketegangan antara Beijing dan Taiwan.

Baru-baru ini militer China menggelar latihan di zona identifikasi pertahanan udara Taiwan. Taipei mengatakan, latihan ini merupakan pelanggaran strategis yang direncanakan dengan hati-hati. "Perilaku intimidasi ini tidak hanya menghabisi kekuatan tempur dan mengguncang keyakinan dan moral kami, tapi juga mencoba untuk mengubah atau menantang status quo di Selat Taiwan yang tujuan terakhirnya 'merebut Taiwan tanpa pertempuran," kata Kementerian Pertahanan Taiwan.

Kementerian mengatakan untuk melawan upaya China 'merebut Tiawan sambil menghalau intervensi asing'. Mereka berjanji untuk memperdalam upaya mereka dalam 'perang asimetris' untuk menyulitkan China melakukan serangan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement