Sabtu 18 Dec 2021 21:37 WIB

Macron: Prancis tak akan Tinggalkan Warga Armenia

Macron berdiskusi dengan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev dan Perdana Menteri Armenia

Presiden Prancis Emmanuel Macron.
Foto: AP/Thibault Camus/AP POOL
Presiden Prancis Emmanuel Macron.

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan negaranya tidak akan pernah meninggalkan warga Armenia. Hal itu disampaikan Macron usai pertemuan dengan para pemimpin Azerbaijan dan Armenia pada Rabu malam di Brussel.

Macron berdiskusi dengan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev dan Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan. “Kami tidak akan pernah meninggalkan orang-orang Armenia. Kami akan selalu mencari solusi untuk perdamaian abadi,” ujar Presiden Prancis Emmanuel Macron seperti dilansir Anadolu, Jumat.

Baca Juga

Pashinyan dan Aliyev berada di ibu kota Uni Eropa untuk menghadiri KTT Kemitraan Timur blok tersebut yang mempertemukan presiden Dewan Eropa dan Komisi Eropa, 27 kepala negara dan pemerintahan Uni Eropa, serta rekan-rekan mereka dari negara-negara Kemitraan Timur, termasuk Armenia, Azerbaijan, Georgia, Moldova, dan Ukraina.

Hubungan antara bekas republik Soviet Azerbaijan dan Armenia tegang sejak 1991, ketika militer Armenia menduduki Nagorno-Karabakh, juga dikenal sebagai Karabakh Atas, sebuah wilayah yang diakui secara internasional milik Azerbaijan, dan tujuh wilayah yang berdekatan. Sejak saat itu, berbagai upaya dilakukan untuk menormalkan kembali hubungan kedua negara bertetangga tersebut.

Sumber, https://www.aa.com.tr/id/dunia/macron-prancis-tidak-akan-tinggalkan-warga-armenia/2449670.

Bulan lalu, Aliyev dan Pashinyan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Sochi, Rusia. Setelah pertemuan itu, para pemimpin Azerbaijan dan Armenia menyatakan kesiapan mereka untuk memulai proses delimitasi perbatasan yang diperebutkan.

sumber : Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement