Sabtu 08 Jan 2022 07:34 WIB

Polisi Meksiko Tangkap Dua Tersangka Kasus Penemuan 10 Jenazah

10 jenazah ditemukan di dalam mobil SUV.

Rep: Lintar Satria/ Red: Dwi Murdaningsih
Mayat tak dikenal (ilustrasi).
Foto: Corbis.com
Mayat tak dikenal (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Pihak berwenang Meksiko menangkap dua orang tersangka setelah ditemukan 10 jenazah di luar kantor gubernur Negara Bagian Zacatecas, Meksiko. Jenazah-jenazah itu berada di dalam sebuah mobil SUV yang diparkir di alun-alun yang diterangi pohon Natal dan dekorasi hari libur.

Dalam sebuah video yang direkam di alun-alun  Plaza de Armas itu Gubernur Negara Bagian Zacatecas David Monreal mengatakan jenazah-jenazah itu terlihat lecet-lecet dan terdapat tanda bekas pukulan.

Baca Juga

"Mereka meninggalkannya di depan kantor gubernur," katanya, Jumat (7/1/2022).

Badan keamanan masyarakat Zacatecas mengatakan dalam pernyataannya mobil Mazda SUV ditemukan pejabat pemerintah setelah mencurigai sebuah kendaraan di daerah tersebut.  Kementerian keamanan federal mengatakan terdapat 10 jenazah di dalam mobil tersebut.

Monreal mengatakan keamanan menjadi tantangan terbesar di Zacatecas dan ia berjanji untuk mengurangi kekerasan. "Dengan sedikit demi sedikit kami mengembalikan kedamaian, apa yang kami terima merupakan warisan terkutuk," katanya.  

Di hari yang sama Monreal mencicit di Twitter dua orang tersangka yang berkaitan dengan peristiwa itu sudah ditangkap. Zacatecas merupakan salah satu wilayah paling berbahaya di Meksiko.

Sebagian besar karena perang antara kelompok kriminal di negara bagian itu. Berdasarkan data pemerintah pada tahun 2021 negara bagian itu mencatat 1.050 pembunuhan, sekitar 260 lebih banyak dibanding 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement