Jumat 21 Jan 2022 12:35 WIB

AS Cari Cara Percepat Pengiriman Jet Tempur F-16 ke Taiwan

AS tengah berupaya mempercepat pengiriman jet tempur F-16 generasi baru ke Taiwan

Rep: Fergi Nadira/ Red: Esthi Maharani
Pesawat tempur Taiwan, F16 yang didapat dari paket militer AS sedang lepas landas dari bandara.
Foto:

China telah meningkatkan tekanan militer dan diplomatik terhadap pulau yang diklaimnya sebagai wilayah "suci" Cina. Dalam menghadapi tekanan Cina, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen telah memprioritaskan modernisasi angkatan bersenjata, yang dipersenjatai dengan baik tetapi dikerdilkan oleh militer Cina.

Mantan pejabat senior Pentagon, Abraham Denmark meniali langkah untuk mempercepat pengiriman pesawat akan terlihat di Beijing sebagian melalui lensa politik. "Ini adalah sinyal lain yang jelas dari tekad AS untuk mendukung kemampuan Taiwan untuk mempertahankan diri," ujar Denmark, yang sekarang menjadi analis di think-tank Wilson Center yang berbasis di Washington.

Juru bicara Pentagon dalam sebuah pernyataan menyatakan, penjualan F-16 AS ke Taiwan dipandu oleh hukum AS dan berdasarkan penilaian kebutuhan pertahanan Taiwan dan ancaman yang ditimbulkan oleh (China), seperti yang telah terjadi selama lebih dari 40 tahun. Misi untuk mencegat pesawat Cina memberi tekanan pada angkatan udara Taiwan, yang tahun lalu mengalami beberapa kecelakaan, termasuk tiga kecelakaan fatal.

Analis militer Taiwan dan AS meniali seiring waktu, biaya bahan bakar, kelelahan pilot dan keausan pada pesawat Taiwan akan mengancam kesiapan angkatan udara pulau itu jika tekanan ini berlanjut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement