Selasa 25 Jan 2022 19:45 WIB

Kazakhstan, Uzbekistan dan Kirgistan Alami Pemadaman Listrik

Pemadaman terjadi setelah saluran pembangkit tenaga listrik Kazakhstan terputus.

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Ilustrasi Pemadaman Listrik
Foto: Foto : MgRol112
Ilustrasi Pemadaman Listrik

REPUBLIKA.CO.ID, ALMATY -- Tiga negara Asia Tengah, Kazakhstan, Uzbekistan dan Kirgistan mengalami pemadaman listrik di kota-kota besarnya. Pemadaman terjadi setelah saluran pembangkit tenaga listrik Kazakhstan terputus.

Jaringan listrik tiga negara bekas Uni Soviet itu saling tersambung. Jaringan Kazakhstan terhubung dengan jaringan listrik Rusia yang dapat mereka digunakan bila terjadi pemadaman.

Baca Juga

Pada Selasa (25/1/2022) operator jaringan KEGOC mengatakan jaringan listrik Utara-Selatan Kazakhstan yang terhubung dengan populasi padat penduduk di selatan Kazakhstan dan dua negara tetangga dan jaringan dengan Rusia terputus. KEGOC mengatakan pemutusan disebabkan "ketidakseimbangan darurat."

Pemadaman menyebabkan kekacauan di kawasan selama beberapa jam terakhir. Kereta-kereta tertahan di terowongan, bandara tutup, pemanas distrik dan pompa air mati dan lampu lalu lintas mati.

Tidak satu pun dari negara itu yang melaporkan masalah di pembangkit listrik yang menyebabkan ketidakseimbangan.

Berdasarkan dokumen yang dipublikasikan  salah satu penambang mata uang kripto mulai 24 Januari lalu Kazakhstan mulai mengurangi pasokan listrik mereka. Negara itu yang pernah mengalami pemadaman listrik karena gelombang penambangan mata uang kripto.  

Pemadaman dilaporkan di kota terbesar Kazakhstan, Almaty dan beberapa kota besar di selatan dekat Uzbekistan dan Kirgistan. Bandara di Tashkent, ibukota Uzbek juga sempat berhenti menerima penerbangan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement