Jumat 28 Jan 2022 16:21 WIB

Uni Eropa Beri Izin Bersyarat untuk Paxlovid, Pil Covid-19 Buatan Pfizer

Paxlovid merupakan obat anti Covid-19 produksi Pfizer.

Pil paxlovid dari Pfizer diproduksi di Italia. Pfizer menyebut paxlovid dapat dapat menurunkan risiko perawatan di rumah sakit atau kematian pada hampir 90 persen pasien Covid-19 berisiko dewasa yang tak dirawat di rumah sakit.
Foto:

Pil antivirus Covid-19 Pfizer mengurangi kemampuan virus untuk berkembang biak di dalam tubuh. Kehadiran Paxlovid dinilai menjadi batu loncatan baru dalam menekan kasus, kematian, dan perawatan di rumah sakit akibat Covid-19 yang saat ini sedang meningkat.

Paxlovid digadang-gadang sebagai obat Covid-19 yang lebih cepat dan lebih murah, meski saat ini ketersediaannya masih sangat terbatas. Baik obat dari Pfizer maupun Merck dinilai efektif untuk melawan varian omicron. Alasannya, kedua obat ini tidak bekerja dengan menarget spike protein di mana kebanyakan mutasi pada berbagai varian terjadi.

Meski vaksin telah menjadi senjata utama melawan Covid-19, ada harapan bahwa pil eksperimental Merck dan Pfizer dapat menjadi kunci dalam mengurangi kemungkinan kematian atau rawat inap bagi mereka yang paling berisiko mengidap penyakit parah. Namun, mengingat cakupan vaksinasi yang belum merata, kehadiran obat yang bisa diminum di rumah dapat berkontribusi penting dalam mengendalikan gelombang infeksi saat ini dan ke depannya.

sumber : Antara, Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement