Sabtu 05 Feb 2022 04:10 WIB

Sada Social: Facebook Semakin Gencar Blokir Konten Terkait Palestina

Konten tentang Palestina unggahan aktivis-jurnalis banyak yang diblokir Facebook.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Reiny Dwinanda
Ikon aplikasi Facebook di ponsel (Ilustrasi). Menurut Sada Social, Facebook dan Instagram telah memblokir sebanyak 1.500 postingan terkait Palestina pada 2021.
Foto:

Dalam pernyataan tahunannya, Sada Social mengatakan, ada disparitas dengan upaya para pembela hak atas kebebasan berekspresi dan rasa aman di ruang digital. Ia mengamati, pada 2021, ada kecenderungan yang berkembang untuk memaksakan kekuatan koersif pada praktik masyarakat di ruang digital.

Refai mengatakan, seruan berulang-ulang ke Facebook untuk mengakhiri bias yang ditunjukkan terhadap konten Palestina belum berbuah hasil. Ia menyebut, telah terjadi peningkatan serangan terhadap platform media selama liputan perang dan peristiwa baru-baru ini di Yerusalem. Halaman berita Palestina, seperti Maydan al Quds pun akhirnya ditarik pada November tahun lalu.

"Ini adalah perusahaan Amerika Serikat dan hukum Amerika Serikat mendefinisikan perjuangan Palestina sebagai tindakan terorisme," kata Refai mengeluhkan kebijakan Facebook.

Menurut statistik tahunan yang dirilis oleh Sada Social, lebih dari 390 warga Palestina ditahan oleh pasukan Israel dan diinterogasi karena menyoroti masalah terkait Palestina di Facebook.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement