Kamis 17 Feb 2022 01:32 WIB

Biden Ingatkan Putin Mundur dari Ambang Perang dengan Ukraina

Peperangan dinilai Biden akan menimbulkan kematian yang tidak perlu.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Friska Yolandha
 Presiden AS Joe Biden.
Foto: AP/Patrick Semansky
Presiden AS Joe Biden.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden AS Joe Biden dengan berapi-api mengimbau Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mundur dari perang dengan Ukraina pada Selasa (16/2/2022) waktu setempat. Ia berbicara dengan gamblang tentang "kematian dan kehancuran yang tidak perlu" yang dapat ditimbulkan Moskow dan kemarahan dunia internasional yang akan dihadapi Putin.

Dalam pidato yang disiarkan televisi secara nasional, Biden mengatakan Amerika Serikat memperkirakan 150.000 tentara Rusia yang sekarang sedang mengepung Ukraina, jumlah yang lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya sekitar 100.000. Biden mengatakan laporan bahwa beberapa pasukan telah ditarik diterima, tetapi mereka tidak diverifikasi dan invasi tetap sangat mungkin terjadi.

Baca Juga

Biden mengatakan diplomasi tetap menjadi pilihan langsung untuk meredakan krisis dan mendesak Rusia untuk terlibat. Jika Rusia menginvasi Ukraina, kata Biden, Amerika Serikat dan sekutunya siap untuk menanggapi dengan hukuman yang ditujukan untuk menimbulkan rasa sakit ekonomi dan isolasi global.

"Amerika Serikat siap apa pun yang terjadi," kata Biden.

Sebagian besar pernyataan Biden ditujukan langsung pada Putin, yang telah menuntut agar NATO tidak menerima Ukraina sebagai anggota dan menghentikan ekspansi lebih lanjut ke arah timur. Ancaman Biden terhadap Rusia belum meyakinkan Putin untuk mundur.

“Amerika Serikat dan NATO bukanlah ancaman bagi Rusia. Ukraina tidak mengancam Rusia. Baik AS maupun NATO tidak memiliki rudal di Ukraina. Kami tidak, tidak memiliki rencana untuk menempatkan mereka di sana juga. Kami tidak menargetkan orang-orang. Rusia. Kami tidak berusaha untuk mengacaukan Rusia," kata Biden.

Presiden Amerika juga mengimbau langsung kepada warga Rusia. “Untuk warga Rusia: Anda bukan musuh kami, dan saya tidak yakin Anda menginginkan perang berdarah yang merusak melawan Ukraina,” kata Biden.

Biaya manusia dan strategis akan “sangat besar” bagi Rusia jika menyerang, katanya. "Dunia tidak akan lupa bahwa Rusia memilih kematian dan kehancuran yang tidak perlu," kata Biden.

Presiden mengatakan Amerika Serikat "tidak mencari konfrontasi langsung dengan Rusia" dan bahwa tentara Amerika tidak akan berperang di Ukraina. Namun, dia mengatakan jika Rusia akan menyerang Amerika di Ukraina, AS akan merespons dengan tegas.

Dia memperingatkan bahwa invasi Rusia akan menyebabkan konsekuensi di sini di rumah, termasuk biaya energi. Pidato itu datang pada hari di mana Ukraina mengatakan telah terkena serangan siber dan tampaknya menyalahkan Rusia.

Biden mengeluarkan peringatan bagi Rusia untuk tidak terlibat dalam serangan siber. 

"Jika Rusia menyerang Amerika Serikat atau sekutu kami melalui cara asimetris seperti serangan siber yang mengganggu terhadap perusahaan kami atau infrastruktur penting, kami siap untuk merespons," katanya.

Baca juga : Kebiasaan Sehari-hari yang Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan

Biden berbicara dengan Putin pada hari Sabtu dan selanjutnya dengan Presiden Ukraina Volodomyr Zelenskiy pada hari Minggu. Ia juga telah berulang kali memperingatkan biaya yang mahal untuk Moskow, termasuk sanksi terhadap bisnis dan oligarki Rusia. Tetapi dia telah menyusun peta jalan untuk resolusi damai, termasuk pembicaraan tentang rudal. Pengerahan dan latihan militer untuk mencoba mengurangi ketegangan di wilayah tersebut.

Amerika Serikat mengklaim telah meletakkan di atas meja ide-ide konkret untuk membangun lingkungan keamanan di Eropa. "Kami mengusulkan langkah-langkah pengendalian senjata baru, langkah-langkah transparansi baru, langkah-langkah stabilitas strategis baru, yang berlaku untuk NATO dan Rusia," katanya pada hari Selasa.

Dalam pidatonya, Biden mengatakan Amerika Serikat dan sekutu NATO-nya siap untuk apa pun yang terjadi. "Kami siap untuk menanggapi dengan tegas serangan Rusia di Ukraina, yang masih sangat mungkin terjadi," kata Biden.

Laporan bahwa Rusia telah menarik beberapa unit militer. "Ini akan baik tetapi kami belum memverifikasinya," katanya.

Baca juga :  IHSG Dibayangi Konflik Rusia-Ukraina, Cermati Potensi Cuan 4 Saham Ini

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement