Ahad 27 Feb 2022 20:45 WIB

Pengamat: Pembicaraan di Belarusia akan Segera Akhiri Krisis Rusia-Ukraina

Peluang konflik selesai lebih cepat justru terbuka dengan adanya dialog di Belarusia.

 Kebakaran besar di depot penyimpanan minyak setelah serangan rudal Rusia, di Vasylkiv, dekat Kiev, Ukraina, 27 Februari 2022. Pasukan Rusia melancarkan operasi militer besar di Ukraina pada 24 Februari, setelah berminggu-minggu diplomasi intens dan pengenaan sanksi Barat di Rusia bertujuan untuk mencegah konflik bersenjata di Ukraina.
Foto:

Tahun lalu, ungkap Algooth, harian bisnis Rusia RBK merilis laporan tentang ekspor rahasia Rusia ke Amerika meningkat 83 persen dari US$706 juta menjadi US$841 juta. Sebagian besar barang yang diekspor terdiri dari unsur-unsur kimia radioaktif dan isotop radioaktif, termasuk uranium yang diperkaya untuk PLTN. Selain itu, Rusia juga memasok senjata api sipil dan amunisi untuk Amerika.

Tidak saja ke Amerika,  kata Algooth,  Jerman dan Ceko juga mengimpor komoditas serupa. Jerman mengimpor produk kimia anorganik dan unsur-unsur radioakti dan isotop yang nilainya mencapai US$ 302 juta atau naik 57,2 persen dari US$173 juta. Sementara Ceko memborong pesawat dan suku cadangnya, juga beragam senjata dan amunisi. Nilainya mencapai US$706 juta atau naik 700 persen dari sebelumnya hanya US$102 juta. 

“Ini belum soal impor energi dari Rusia ke negara-negara Eropa, jumlahnya tetap besar karena proyek Amerika dan NATO untuk meruntuhkan Suriah gagal total. Jadi, ada ketergantungan besar pada negara-negara yang ribut terhadap Rusia. Amerika itu ibarat mantan pejabat yang post power syndrome," kata dia.

Baca juga : Pakar: Sanksi Baru akan Jadi Pukulan Berat Bagi Perekonomian Rusia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement