Rabu 16 Mar 2022 14:25 WIB

90 Persen Warga Ukraina Hadapi Kemiskinan

Perang menghancurkan perbaikan ekonomi yang sudah berlangsung selama dua dekade.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
 Seorang pria melewati puing-puing sebuah bangunan yang rusak akibat penembakan di Kyiv, Ukraina, 15 Maret 2022. Perang Perang menghancurkan perbaikan ekonomi yang sudah berlangsung selama dua dekade.
Foto: EPA-EFE/MIGUEL A. LOPES
Seorang pria melewati puing-puing sebuah bangunan yang rusak akibat penembakan di Kyiv, Ukraina, 15 Maret 2022. Perang Perang menghancurkan perbaikan ekonomi yang sudah berlangsung selama dua dekade.

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- United Nations Development Programm (UNDP) menyatakan sembilan dari 10 warga Ukraina dapat menghadapi kemiskinan dan kerentanan ekonomi yang ekstrem jika perang berlarut-larut selama tahun depan, Rabu (16/3/2022). Kondisi itu menghancurkan perbaikan ekonomi yang sudah berlangsung selama dua dekade.

"Kami memperkirakan bahwa hingga 18 tahun keuntungan pembangunan Ukraina dapat dengan mudah dimusnahkan dalam hitungan 12 hingga 18 bulan,"  kata Administrator UNDP Achim Steiner.

Baca Juga

Steiner mengatakan bahwa lembaganya bekerja sama dengan pemerintah Ukraina untuk menghindari skenario terburuk dari keruntuhan ekonomi. Tindakan ini bertujuan untuk memberikan bantuan tunai kepada keluarga untuk membeli makanan demi bertahan hidup dan mencegah melarikan diri sambil menopang layanan dasar.

"Jika konflik itu berkepanjangan, jika terus berlanjut, kita akan melihat tingkat kemiskinan meningkat sangat signifikan," kata Steiner.

"Jelas ujung ekstrim dari skenario adalah ledakan ekonomi secara keseluruhan. Dan itu pada akhirnya dapat menyebabkan hingga 90 persen orang berada di bawah garis kemiskinan atau berisiko tinggi (kemiskinan)," katanya.

Garis kemiskinan umumnya didefinisikan sebagai daya beli 5,50 dolar AS hingga 13 dolar AS per orang per hari. Steiner mengatakan, sebelum Rusia meluncurkan invasi pada 24 Februari, diperkirakan dua persen warga Ukraina hidup di bawah 5,50 dolar AS.

Penasihat ekonomi utama pemerintah Ukraina Oleg Ustenko mengatakan pekan lalu bahwa invasi pasukan Rusia sejauh ini telah menghancurkan setidaknya infrastruktur senilai 100 miliar dolar AS. Sebanyak 50 persen bisnis Ukraina telah ditutup sepenuhnya.

UNDP sedang melihat program-program yang telah dicoba dan diuji yang telah digunakan dalam situasi konflik lainnya. "Program transfer tunai terutama di negara seperti Ukraina di mana sistem dan arsitektur keuangan masih berfungsi, di mana ATM tersedia, cara penting untuk menjangkau orang dengan cepat adalah dengan transfer tunai atau pendapatan dasar sementara," katanya.

Steiner menyatakan, tantangan logistik itu signifikan tetapi tidak dapat diatasi. "Jelas beberapa pengumuman baru-baru ini oleh Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional dalam hal jalur kredit dan pendanaan yang tersedia jelas akan membantu pihak berwenang Ukraina untuk dapat menerapkan program semacam itu," katanya.

Laporan UNDP mengatakan bahwa operasi bantuan tunai darurat yang menelan biaya sekitar 250 juta dolar AS per bulan akan menutupi kerugian sebagian pendapatan bagi 2,6 juta orang yang diperkirakan jatuh ke dalam kemiskinan. Program pendapatan dasar sementara yang lebih ambisius untuk menyediakan 5,50 dolar AS per hari per orang akan menghabiskan 430 juta dolar AS sebulan.

Ekonomi Ukraina diperkirakan akan berkontraksi sebesar 10 persen pada 2022 sebagai akibat dari invasi Rusia. Namun Dana Moneter Internasional (IMF) menyatakan prospeknya dapat memburuk secara tajam jika konflik berlangsung lebih lama.

Pendanaan tersebut melebihi 723 juta dolar AS yang disetujui minggu lalu. Dana itu merupakan bagian dari paket dukungan senilai 3 miliar dolar AS yang disalurkan Bank Dunia untuk sampai ke Ukraina dan rakyatnya dalam beberapa minggu mendatang.

Steiner menekankan pentingnya Ukraina bagi perekonomian negara-negara lain, terutama sekelompok negara Afrika yang mendapatkan sepertiga dari pasokan gandum dari Ukraina dan Rusia. "Kami juga mencoba menstabilkan ekonomi untuk 45 negara Afrika, negara kurang berkembang, sumber makanan bagi mereka," katanya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement