Ahad 27 Mar 2022 06:29 WIB

Rusia Klaim 14 Ribu Tentara Ukraina Tewas, 16 Ribu Terluka dalam Perang

Angkatan udara dan sistem pertahanan udara Ukraina hampir hancur total

Rusia mengklaim sekitar 14 ribu tentara Ukraina tewas dan 16 ribu terluka sejak awal perang Rusia-Ukraina
Rusia mengklaim sekitar 14 ribu tentara Ukraina tewas dan 16 ribu terluka sejak awal perang Rusia-Ukraina

REPUBLIKA.CO.ID., MOSKOW -- Sekitar 14 ribu tentara Ukraina tewas dan 16 ribu terluka sejak awal perang Rusia-Ukraina, kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Angkatan bersenjata Rusia memperoleh dominasi udara dan memblokir kota-kota Kiev, Kharkiv, Chernihiv, Sumy dan Mykolaiv, serta Kherson dan sebagian besar Oblast Zaporizhzhia, Sergey Rudskoy, kata seorang pejabat senior militer Rusia, pada konferensi pers di Moskow.

Baca Juga

Angkatan udara dan sistem pertahanan udara Ukraina telah "hampir sepenuhnya hancur" dan angkatan laut negara itu tidak ada lagi, klaim Rudskoy.

Semua 16 lapangan udara militer Ukraina, serta 39 depot amunisi, di mana 70 persen dari semua peralatan militer disimpan, terkena serangan, imbuh dia.

"Tentara Ukraina tidak memiliki cadangan terorganisir yang tersisa," kata Rudskoy, menambahkan bahwa orang dan unit pertahanan teritorial sedang dimobilisasi untuk melawan pasukan Rusia.

Menurut dia, "6.595 tentara bayaran dari 62 negara bagian" berjuang untuk pihak Ukraina.

Rudskoy mengklaim bahwa angkatan bersenjata Rusia menghancurkan 1.587 dari 2.416 tank Ukraina dan kendaraan lapis baja lainnya, 112 dari 152 jet tempur, 75 dari 149 helikopter, 148 dari 180 sistem pertahanan udara S-300 dan Buk M1, dan 117 dari 300 radar.

Dia memperingatkan bahwa "militer Rusia akan segera menanggapi dengan tepat upaya untuk menutup wilayah udara di atas Ukraina."

Dia mengatakan bahwa militer Rusia tidak menargetkan objek infrastruktur sipil Ukraina, mengklaim bahwa 127 jembatan, hancur di zona perang, diledakkan oleh "kelompok nasionalis Ukraina" untuk mencegah serangan.

Terkait kerugian Rusia, Rudskoy mengatakan 1.351 tentara Rusia tewas dan 3.825 terluka.

Dia mengatakan bahwa Rusia mendapat aplikasi dari luar negeri dari orang-orang yang ingin memperjuangkan pihak Rusia. Secara total, klaim dia, lebih dari 23.000 orang asing dari 37 negara bertanya tentang kemungkinan seperti itu.

"Secara umum, tugas utama tahap pertama operasi telah selesai. Potensi tempur angkatan bersenjata Ukraina telah berkurang secara signifikan, yang memungkinkan kami untuk fokus pada pencapaian tujuan utama - pembebasan Donbass," sebut Rudskoy.

"Formasi milisi nasionalis, seperti Azov, Aidar, Sayap Kanan menjadi kekuatan yang menyerang rezim Kyiv," ungkap dia.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/rusia-klaim-14000-tentara-ukraina-tewas-16000-terluka-dalam-perang/2546736

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement