Rabu 30 Mar 2022 07:35 WIB

Konflik Rusia-Ukraina Ancam Distribusi Pangan Global

Ukraina merupakan salah satu lumbung pangan dunia.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Friska Yolandha
Lumbung gandum di Desa Luki, di bagian barat Ukraina, Jumat (25/3/2022)
Foto: AP Photo/Nariman El-Mofty
Lumbung gandum di Desa Luki, di bagian barat Ukraina, Jumat (25/3/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Direktur Eksekutif Program Pangan Dunia (WFP), David Beasley pada Selasa (29/3/2022) memperingatkan, perang di Ukraina mengancam akan menghancurkan upaya WFP untuk mendistribusikan makanan kepada sekitar 125 juta orang secara global. Beasley menyebut Ukraina merupakan salah satu lumbung pangan dunia.

"Ini tidak hanya menghancurkan Ukraina dan kawasan secara dinamis, tetapi akan memiliki dampak konteks global melampaui apa pun yang telah kita lihat sejak Perang Dunia Kedua," ujar Beasley kepada 15 anggota Dewan Keamanan PBB.

Baca Juga

Beasley mengatakan, 50 persen dari biji-bijian yang dibeli oleh WFP berasal dari Ukraina. Selain itu, krisis pangan diperparah oleh kurangnya produk pupuk yang berasal dari Belarus dan Rusia.

“Petani adalah garda terdepan. Jika Anda tidak ada pupuk, hasil panen akan berkurang setidaknya 50 persen. Jadi, kami melihat apa yang bisa menjadi bencana di atas bencana di bulan-bulan mendatang," ujar Beasley.

Sebelum Rusia melancarkan operasi militer khusus ke Ukraina pada 24 Februari, WFP sudah berjuang dengan harga bahan bakar, harga pangan, dan biaya pengiriman yang tinggi. Hal ini memaksa WFP untuk memotong jatah pangan untuk jutaan orang di beberapa negara, seperti Yaman.

"Jika konflik di Ukraina tidak berakhir maka dunia akan membayar harga yang mahal," kata Beasley.

Duta Besar Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia menolak tuduhan bahwa tindakan Moskow di Ukraina telah menyebabkan "turbulensi serius" di pasar makanan global. Dia justru menyebut sanksi Barat terhadap Rusia menjadi penyebab gangguan pasokan global.

Sementara, Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman mengatakan sanksi Barat tidak memicu krisis pangan global.

"Tanggung jawab untuk mengobarkan perang di Ukraina, dan untuk efek perang terhadap keamanan pangan global adalah (tanggung jawab) pada Presiden (Vladimir) Putin," kata Sherman.

Rusia menyatakan, operasi militer khusus bertujuan untuk menghancurkan infrastruktur militer Ukraina. Majelis Umum PBB yang beranggotakan 193 orang sangat menyesalkan serangan Rusia di Ukraina. Majelis Umum PBB menuntut Rusia menarik pasukannya dari Ukraina. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement