Kamis 07 Apr 2022 06:03 WIB

AS, Inggris, dan Australia Bekerja Sama Kembangkan Senjata Hipersonik

AS, Inggris, dan Australia mengatakan sepakat kembangkan senjata hipersonik

AS, Inggris dan Australia bekerja sama dalam pengembangan senjata hipersonik dan kontra-hipersonik.
AS, Inggris dan Australia bekerja sama dalam pengembangan senjata hipersonik dan kontra-hipersonik.

REPUBLIKA.CO.ID., WASHINGTON -- Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Australia pada Selasa mengumumkan rencana untuk bekerja sama dalam pengembangan senjata hipersonik dan kontrahipersonik.

Pengumuman tersebut menyusul pertemuan virtual antara Presiden AS Joe Biden, Perdana Menteri Australia Scott Morrison dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson sebagai bagian dari pakta keamanan trilateral AUKUS yang baru dibentuk.

Selain memperluas kesepakatan untuk pengembangan senjata hipersonik, para pemimpin mengatakan mereka akan berkolaborasi dalam kemampuan peperangan elektronik, dan akan meningkatkan "berbagi informasi" dan memperdalam kerja sama dalam inovasi pertahanan.

"Inisiatif ini akan menambah upaya kami yang ada untuk memperdalam kerja sama pada kemampuan dunia maya, kecerdasan buatan, teknologi kuantum, dan kemampuan bawah laut tambahan," kata para pemimpin dalam sebuah pernyataan.

“Seiring kemajuan pekerjaan kami dalam hal ini dan kemampuan pertahanan dan keamanan penting lainnya, kami akan mencari peluang untuk melibatkan sekutu dan mitra dekat,” kata mereka.

AUKUS, yang mulai berlaku pada September, diumumkan bersamaan dengan janji untuk menyediakan Australia dengan armada kapal selam konvensional bertenaga nuklir.

Kesepakatan itu memicu kemarahan Prancis karena menyebabkan Canberra mengingkari kontrak dengan Prancis sebelumnya senilai USD66 miliar untuk membangun armada kapal selam bertenaga konvensional.

Perselisihan itu telah diperbaiki dan para pemimpin mengatakan, mereka senang dengan kemajuan dalam program trilateral kami agar Australia membangun kemampuan kapal selam bertenaga nuklir yang dipersenjatai secara konvensional.

"Kami berkomitmen penuh untuk membangun pendekatan yang kuat untuk berbagi teknologi propulasi angkatan laut dengan Australia yang memperkuat rezim nonproliferasi global," kata mereka.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/as-inggris-dan-australia-bekerja-sama-kembangkan-senjata-hipersonik/2556253
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement