Jumat 06 May 2022 11:41 WIB

Zelenskyy Klaim Rusia Hancurkan Ratusan Rumah Sakit

Salah satu yang paling dikecam adalah serangan Rusia ke sebuah rumah sakit bersalin.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Petugas ambulans membantu seorang prajurit Ukraina yang terluka untuk pindah ke rumah sakit di wilayah Donetsk, Ukraina timur, Sabtu, 23 April 2022. Invasi Rusia ke Ukraina telah menghancurkan ratusan rumah sakit dan fasilitas medis lainnya.
Foto:

Seorang pejuang Ukraina yang bersembunyi di Azovstal menuduh pasukan Rusia melanggar pertahanan pabrik untuk hari ketiga. Padahal Moskow berjanji sebelumnya untuk menghentikan aktivitas militer untuk mengizinkan evakuasi sipil.

"Pertempuran sengit dan berdarah sedang berlangsung. Lagi-lagi, Rusia tidak menepati janji gencatan senjata." Reuters tidak dapat memverifikasi akun atau lokasinya secara independen," kata Kapten Sviatoslav Palamar dari Resimen Azov Ukraina.

Istana Kremlin membantah tuduhan Ukraina bahwa pasukan Rusia menyerbu pabrik itu dalam beberapa hari terakhir. Namun rekaman udara yang dirilis oleh Resimen Azov Ukraina pada Kamis, menunjukan pabrik menunjukkan tiga ledakan menghantam bagian berbeda dari kompleks yang luas itu, yang diselimuti asap tebal dan gelap. Reuters memverifikasi lokasi rekaman dengan mencocokkan bangunan dengan citra satelit, tetapi tidak dapat menentukan kapan video itu direkam.

 

Militer Rusia berjanji untuk menghentikan aktivitasnya selama dua hari ke depan untuk mengizinkan warga sipil pergi. Istana Kremlin mengatakan koridor kemanusiaan dari pabrik sudah ada. Wakil Perdana Menteri Ukraina Iryna Vereshchuk mengatakan bahwa orang-orang akan dievakuasi dari Mariupol pukul 12.00 waktu setempat pada Jumat (6/5/2022).

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement