Ahad 22 May 2022 19:45 WIB

Albanese, Tokoh Kelas Pekerja Australia yang Jadi PM Terpilih

Anthony Albanese menjadi perdana menteri Australia terpilih

Bendera Australia.
Foto:

Sosok yang peduli

Di mata orang-orang terdekatnya, Albanese dikenal sebagai sosok yang peduli dengan keadilan sosial sejak kecil. Saat berusia 12 tahun, dia membantu aksi mogok membayar uang sewa agar properti yang juga ditinggali oleh dia dan ibunya tidak dijual ke pengembang.

Albanese adalah orang pertama di keluarganya yang mengenyam pendidikan di universitas, di mana dia belajar ekonomi dan kerap terlibat dalam politik mahasiswa. Pada usia 22, ia terpilih sebagai presiden Buruh Muda, sayap pemuda Partai Buruh, dan bekerja sebagai staf penelitian di bawah pemerintahan Bob Hawke, mantan perdana menteri dari partai itu yang palinglama menjabat dan memodernisasi ekonomi Australia.

Mantan anggota Partai Buruh Robert Tickner mengamini bahwa Albanese memiliki kapasitas untuk melihat di luar keberpihakan pada politik partai. Menurut dia, Albanese yakin pada gagasan bahwa ada orang-orang yang berkehendak baik di masyarakat.

Janji dan Kebijakan

Partai Buruh telah menjanjikan lebih banyak bantuan keuangan dan jaring pengaman sosial yang kuat saat Australia bergulat dengan inflasi tertinggi sejak 2001 dan melonjaknya harga rumah. Albanese juga berjanji untuk mengurangi tingkat emisi karbon sebesar 43 persen pada 2030 dari level 2005, meningkatkan energi terbarukan, menawarkan diskon untuk mobil listrik, dan membantu pembangunan tenaga surya dan baterai bagi masyarakat.

Dia mengatakan kebijakan perubahan iklim yang lebih ambisius akan meningkatkan hubungan dengan negara-negara kepulauan Pasifik yang terancam oleh naiknya air laut. Mengenai kebijakan luar negeri, Partai Buruh akan melanjutkan sikap Australia yang pro-Amerika Serikat. Albanese mengatakan "pilar pertama" kebijakan luar negeri Australia adalah aliansinya dengan AS. Dia mendukung aliansi jangka panjang di AUKUS, yang disepakati tahun lalu dengan Inggris dan AS untuk melengkapi angkatan laut Australia dengan tenaga nuklir.

Albanese telah mengkritik hubungan pemerintah sebelumnya dengan Kepulauan Solomon, yang baru-baru ini menandatangani perjanjian pertahanan dengan China. Partai Buruh di bawah kepemimpinan Albanese telah mengusulkan pendirian sekolah pertahanan Pasifik untuk melatih tentara negara-negara tetangga dalam menanggapi potensi ancaman dari kehadiran militer China di Kepulauan Solomon.

sumber : Antara / Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement