Jumat 10 Jun 2022 06:37 WIB

Keluarga Terkaya Dunia Lebih Memilih Berinvestasi di Private Equity

Investasi ke private equity ini meningkat secara konsisten antara 2019 dan 2021

Orang kaya raya (ilustrasi). Keluarga terkaya di dunia memasukkan lebih banyak uang ke private equity daripada di kelas aset tradisional seperti pendapatan tetap (fixed income) dan saham pada tahun 2021 ketika mereka berusaha untuk meningkatkan hasil investasi.
Foto: spdi.eu
Orang kaya raya (ilustrasi). Keluarga terkaya di dunia memasukkan lebih banyak uang ke private equity daripada di kelas aset tradisional seperti pendapatan tetap (fixed income) dan saham pada tahun 2021 ketika mereka berusaha untuk meningkatkan hasil investasi.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Keluarga terkaya di dunia memasukkan lebih banyak uang ke private equity daripada di kelas aset tradisional seperti pendapatan tetap (fixed income) dan saham pada 2021 ketika mereka berusaha meningkatkan hasil investasi. Hal tersebut diungkapkan dalam laporan tahunan yang dipublikasikan bank Swiss UBS, baru-baru ini.

Private equity membukukan pengembalian luar biasa tahun lalu karena triliunan dolar AS dalam stimulus terkait pandemi mendorong lonjakan rekor dalam pembuatan kesepakatan dengan nilai keseluruhan pada 2021 dua kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya, menurut perkiraan industri.

Baca Juga

Sebaliknya, pendapatan tetap menghadapi tahun yang terik karena suku bunga mendekati nol melemahkan daya tariknya sebagai tempat berlindung yang aman selama gejolak pasar, sementara valuasi yang tinggi di pasar ekuitas yang bergejolak menghalangi investor.

Investasi ke private equity oleh keluarga terkaya di dunia meningkat secara konsisten antara 2019 dan 2021, menurut survei untuk laporan UBS dari 221 kantor keluarga yang mengawasi aset senilai 493 miliar dolar AS. Alokasi langsung sebagai persentase dari total investasi mereka naik menjadi 13 persen pada 2021 dari 10 persen pada tahun sebelumnya, sementara alokasi tidak langsung 8,0 persen tahun lalu dibandingkan 7,0 persen tahun sebelumnya.

Sementara itu, investasi pendapatan tetap turun dua poin persentase pada 2021 menjadi 11 persen dari tahun sebelumnya, sementara investasi private equity stabil di sekitar 24 persen. Bahkan investasi real estat, favorit tradisional, turun menjadi 12 persen tahun lalu dari 13 persen pada tahun 2020.Unit manajemen kekayaan UBS mengelola aset lebih dari 3 triliun dolar AS. 

UBS menyatakan, bank mengelola lebih dari setengah miliarder dunia.Laporan tersebut dipantau secara luas oleh komunitas investasi karena menyoroti kebiasaan berinvestasi para investor miliarder ini. Sekitar 63 persen dari kantor keluarga yang disurvei mengatakan mereka tidak lagi merasa pendapatan tetap berkualitas tinggi membantu mendiversifikasi risiko portofolio mereka secara keseluruhan. 

Mayoritas juga mengandalkan strategi manajer aktif daripada mengambil rute pasif. Sekitar 81 persen dari kantor keluarga yang disurvei telah menginvestasikan hampir 3,0 persen ke dalam mata uang kripto, terutama untuk mempelajari tentang teknologi dan menghasilkan pengembalian investasi yang lebih baik.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement