Kamis 13 Jul 2023 22:02 WIB

TikToker Ditangkap Usai Sindir Gaya Hidup Mewah Ala Warga Kaya Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab adalah rumah bagi beberapa orang terkaya di dunia.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Orang kaya raya (ilustrasi)
Foto: spdi.eu
Orang kaya raya (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Seorang influencer online dari media sosial TikTok atau TikToker telah ditangkap di Dubai karena video satirnya, di mana ia menggambarkan seorang warga Emirat yang berlagak kaya sedang berbelanja di dalam showroom mobil mewah.

Sketsa komedi tersebut, di mana ia melemparkan tumpukan uang kertas kepada para karyawan yang kebingungan dan menawarkan untuk membeli mobil termahal - Ferrari SF90 seharga 600 ribu dolar AS - dianggap mengolok-olok gaya hidup mewah ala kelompok kaya warga kota di Uni Emirat Arab (UEA). Kota yang dipamerkan di kota yang terkenal dengan gedung pencakar langit yang berkilauan dan atraksi pariwisata yang berlebihan.

Baca Juga

Dubai lebih longgar secara sosial dibandingkan sebagian besar wilayah Timur Tengah, dengan aturan berpakaian yang santai, bar dan klub yang menyajikan alkohol - dan bahkan adegan komedi lokal. Namun, undang-undang yang samar-samar melarang pidato apa pun, termasuk jurnalisme dan satire, yang dianggap kritis terhadap pihak berwenang atau menghina UEA, federasi kesultanan yang mencakup wilayah Dubai.

Influencer tersebut, Hamdan Al Rind, yang menyebut dirinya sebagai 'Pakar Mobil' di dunia maya, adalah seorang penduduk UEA berkebangsaan Asia. Dia memiliki lebih dari 2,5 juta pengikut di situs berbagi video populer TikTok. Video terbarunya menarik jutaan penonton dan dibagikan secara luas sebelum akhirnya dihapus setelah penangkapannya.

Dalam video tersebut, ia mengenakan kandura, jubah putih panjang yang biasa dikenakan oleh pria Emirat, kacamata hitam dan masker bedah. Dia berbicara dalam bahasa Inggris dengan aksen Arab yang kental, meneriakkan kalimat-kalimat yang dipotong-potong kepada para karyawan dealer, sementara asistennya mengangkut tandu yang berisi tumpukan uang tunai.

Kejaksaan Federal setempat yang Memerangi Informasi Palsu dan Kejahatan Dunia Maya mengatakan bahwa dia dituduh menyalahgunakan internet dengan memposting 'propaganda yang mengaduk-aduk opini publik dan merugikan kepentingan umum'. Dikatakan bahwa video tersebut mempromosikan citra mental yang salah dan menyinggung warga Emirat dan mengejek mereka, kantor berita WAM yang dikelola pemerintah melaporkan pada Ahad lalu.

Laporan WAM menggambarkan video tersebut, namun tidak mengidentifikasi influencer atau menyebutkan kewarganegaraannya. Tidak jelas kapan tepatnya Al Rind ditangkap atau hukuman apa yang akan ia hadapi. Tidak diketahui apakah ia telah menyewa seorang pengacara.

Bulan lalu, seorang warga UEA berkebangsaan Arab dijatuhi hukuman lima tahun penjara dan denda 136 ribu dolar AS karena melanggar undang-undang ujaran kebencian dengan mengunggah video yang mencaci maki pria dan pekerja rumah tangga. "Jaksa telah memerintahkan penangkapannya dalam konteks 'keresahan' yang ditimbulkan oleh postingan video yang menyinggung tersebut," tulis WAM melaporkan.

Undang-undang kejahatan siber yang samar-samar yang diberlakukan pada Januari 2022 sangat membatasi ekspresi dan perkumpulan, mengkriminalisasi hampir semua bentuk oposisi politik dan apa pun yang dapat membahayakan reputasi UEA atau para pemimpinnya. Lima belas kelompok hak asasi manusia telah menyerukan agar undang-undang tersebut dicabut atau diubah.

Ahmed Mansour, pemilik Luxury Super Car Rentals Dubai, tempat Al Rind merekam videonya, mengatakan bahwa ia mengira pria itu adalah warga negara Emirat.

"Dia datang, dia ingin merekam video, saya bilang ya. Jika itu tidak terjadi di showroom saya, mungkin akan terjadi di tempat lain," katanya kepada The Associated Press. "Beberapa orang menganggapnya menyinggung, beberapa orang menganggapnya lucu, setiap orang memiliki pendapatnya sendiri."

"Saya pikir dia mengerti hukum," tambah Mansour.

Al Rind, yang mengoperasikan dealer mobilnya sendiri di UEA, telah memposting video satire sebelumnya - termasuk satu video yang menjadi viral di mana ia menggambarkan seorang Emirat kaya yang membeli mobil untuk masing-masing dari empat istrinya - selain video tutorial tentang cara memperbaiki kendaraan.

UEA adalah rumah bagi beberapa orang terkaya di dunia, dan Dubai memiliki gedung pencakar langit tertinggi di dunia, fasilitas resor ski indoor di dalam pusat perbelanjaan, dan lingkungan mewah yang dibangun di atas pulau-pulau buatan yang berbentuk seperti pohon palem dan peta dunia.

Sementara armada mobil polisi Dubai termasuk Bugatti Veyron seharga 2,5 juta dolar AS dan Lamborghini Aventador seharga 500 ribu dolar AS. Warga Emirat, yang jauh lebih banyak daripada ekspatriat, menikmati tunjangan sosial yang mewah dari buaian hingga liang lahat yang didanai oleh cadangan minyak bumi yang besar di negara ini.

Beberapa orang Emirat telah mengunggah video dalam beberapa tahun terakhir yang menunjukkan diri mereka melakukan pembelian dadakan mobil dan jam tangan kelas atas, mengendarai kuda tunggangan melintasi padang pasir, dan mengendarai mobil convertible dengan cheetah dan singa di kursi penumpang.

Namun, pihak berwenang lebih sensitif terhadap penggambaran seperti itu oleh orang asing. Hukum yang melarang ujaran kebencian dan hasutan publik menyasar apa pun yang dianggap memperparah perbedaan politik, agama, atau etnis di negara yang sangat kosmopolitan ini, yang menggambarkan dirinya sebagai mercusuar toleransi dan hidup berdampingan.

Pada hari Ahad, Kementerian Dalam Negeri mengumumkan penyelidikan terhadap video lain yang menampilkan dua pria dalam sebuah mobil sport mewah yang terdampar di jalan gurun. Video tersebut menunjukkan seorang polisi wanita Emirat tiba di tempat kejadian dan membantu mereka dengan menancapkan pompa bensin ke tanah dan mengisi ulang tangki mereka.

"Di negara kami, tidak ada masalah dengan bensin," katanya.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement