Kamis 16 Jun 2022 08:28 WIB

Jerman Kembali Hadapi Gelombang Baru Covid-19

Jerman melaporkan 92.344 kasus baru Covid-19.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Menteri Kesehatan Jerman Karl Lauterbach
Foto: EPA-EFE/FILIP SINGER
Menteri Kesehatan Jerman Karl Lauterbach

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN – Menteri Kesehatan Jerman Karl Lauterbach mengatakan, negaranya kembali menghadapi gelombang baru Covid-19. Dia mendesak kalangan paling rentan di sana untuk segera memperoleh dosis keempat vaksin.

“Gelombang musim panas yang diumumkan sayangnya menjadi kenyataan,” kata Lauterbach kepada harian Rheinische Post, Rabu (15/6/2022). Tingkat infeksi baru per 100 ribu orang selama sepekan di Jerman mencapai 472,4 pada Rabu. Pada Selasa (14/6/2022) lalu, negara tersebut melaporkan 92.344 kasus baru Covid-19.

Lauterbach menjelaskan, karena varian Covid-19 sangat mudah menular dan hampir semua tindakan pencegahan telah dicabut, efek musim panas dalam meredam lonjakan infeksi tidak begitu efektif. Dia mengatakan, warga harus kembali mengenakan masker saat berada di dalam ruangan guna mencegah meluasnya penularan.

Sejak Maret lalu, Jerman mulai mengendurkan peraturan pencegahan penularan Covid-19. Pemerintah mengizinkan kembali warga yang belum atau tidak divaksinasi memasuki toko atau restoran. Persyaratan bagi karyawan untuk bekerja dari rumah bila memungkinkan juga dicabut pada bulan yang sama.

Jerman juga telah mencabut kewajiban penggunaan masker medis di sekolah dan kantor. Namun masker tetap diwajibkan saat warga berada di transportasi umum. Sejauh ini Jerman telah mencatatkan lebih dari 27 juta kasus Covid-19 dengan korban meninggal mencapai 140 ribu jiwa. (Kamran Dikarma)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement