Selasa 12 Jul 2022 14:44 WIB

Imigrasi Sri Lanka Cegah Saudara Laki-Laki Presiden Terbang ke Luar Negeri

Penumpang marah dan meneriakinya, Basil Rajapaksa pun meninggalkan bandara.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Friska Yolandha
Pejabat imigrasi Sri Lanka telah mencegah mantan Menteri Keuangan, Basil Rajapaksa, yang merupakan saudara laki-laki presiden, terbang ke luar negeri.
Foto:

Saat massa menerobos kediaman resmi presiden, Rajapaksa telah dievakuasi ke tempat yang aman. Namun keberadaan Rajapaksa saat ini tidak diketahui. Kantor presiden mengatakan, Rajapaksa tetap memberi perintah untuk segera mendistribusikan gas elpiji kepada publik. 

Para pemimpin gerakan protes mengatakan, massa akan terus menduduki kediaman presiden dan perdana menteri di Kolombo sampai keduanya mundur dari jabatannya. Polisi tidak dapat menahan gelombang massa yang hadir dari seluruh penjuru Sri Lanka.

"Kami tidak akan pergi ke mana pun sampai presiden mundur, dan kami memiliki pemerintahan yang dapat diterima oleh rakyat," kata Jude Hansana (31 tahun), yang telah berada di lokasi protes di luar kediaman sejak awal April.

"Perjuangan rakyat adalah untuk reformasi politik yang lebih luas. Bukan hanya presiden yang pergi. Ini baru permulaan," kata Hansana menambahkan.

Pengunjuk rasa lainnya, Dushantha Gunasinghe, mengatakan, dia menempuh perjalanan dengan berjalan kaki ke Kolombo yang terletak sejauh 130 kilometer dari tempat tinggalnya. Dia sampai di Kolombo pada Senin pagi.  

"Saya sangat lelah sehingga saya hampir tidak bisa berbicara," kata pria berusia 28 tahun itu sambil duduk di kursi plastik di luar kantor presiden.  

"Saya datang sendirian sejauh ini karena saya yakin kita perlu menyelesaikan ini. Pemerintah ini harus bubar dan kita membutuhkan pemimpin yang lebih baik," kata Gunasinghe menambahkan.

Rajapaksa dan Wickremesinghe tidak berada di kediaman mereka ketika para pengunjuk rasa menyerbu ke dalam gedung. Kedunya juga tidak terlihat di depan umum sejak Jumat (8/7/2022). Hingga saat ini keberadaan mereka tidak diketahui. Rumah pribadi Wickremesinghe di pinggiran Kolombo  dibakar oleh pengunjuk rasa. Polisi telah menangkap tiga tersangka.

 

Pakar konstitusi mengatakan, ketika presiden dan perdana menteri secara resmi mengundurkan diri, langkah selanjutnya adalah penunjukan penjabat presiden. Parlemen memilih presiden baru dalam waktu 30 hari untuk menyelesaikan masa jabatan Rajapaksa yang akan berakhir pada 2024. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement